"Katakanlah: Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan tiada aku termasuk di antara orang-orang yang musyrik" (QS Yusuf:108)

04 July, 2014



Seorang muslim yang mengucapkan syahadah bererti telah yakin bahawa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam adalah utusan Allah Subhanahu wa ta’ala. Oleh kerana itu, dia harus mengetahui kewajibannya terhadap Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai tanggungjawap perakuan bahawa Baginda adalah utusan Allah.

Sebagai umat beliau kita memiliki kewajiban terhadap beliau yang sekaligus merupakan hak beliau yang harus kita penuhi terhadap beliau. Hak-hak tersebut adalah:

1.  BERIMAN (KETAATAN) KEPADA BELIAU

*  Mengakui kebenaran dan beriman kepada risalah/misi yang merupakan kenabian dan kerasulan Baginda dengan mengikuti Sunnah Baginda Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Iman kepada para rasul merupakan salah satu rukun iman yang harus di-yakini oleh setiap muslim. Dan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam adalah seorang diantara para rasul.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

فَآمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَالنُّورِ الَّذِي أَنزَلْنَا وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Oleh itu, berimanlah kamu kepada Allah dan kepada rasulNya serta kepada penerangan cahaya Al-Quran - yang Kami turunkan. Dan (ingatlah), Allah Amat Mendalam PengetahuanNya akan segala yang kamu kerjakan”.
(Surah At-Tagaabun: 8)

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

قُلْ يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنِّي رَسُولُ اللّهِ إِلَيْكُمْ جَمِيعاً الَّذِي لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ
وَالأَرْضِ لا إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ يُحْيِـي وَيُمِيتُ فَآمِنُواْ بِاللّهِ وَرَسُولِهِ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ
الَّذِي يُؤْمِنُ بِاللّهِ وَكَلِمَاتِهِ وَاتَّبِعُوهُ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Katakanlah (wahai Muhammad): "Wahai sekalian manusia! Sesungguhnya aku adalah Pesuruh Allah kepada kamu semuanya, (di utus oleh Allah) yang menguasai langit dan bumi, tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia; Yang menghidupkan dan mematikan. Oleh itu, berimanlah kamu kepada Allah dan RasulNya, Nabi yang Ummi yang beriman kepada Allah dan Kalimah-kalimahNya (Kitab-kitabNya); dan ikutilah dia, supaya kamu beroleh hidayah petunjuk". (Surah: Al-A’raf: 158).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

“Demi Allah yang jiwa Muhammad berada di tanganNya, tidak seorang pun dari umat (manusia) ini yang mendengar tentang aku, seorang Yahudi maupun Nasrani, kemudian ia mati dan tidak beriman kepada ajaran yang aku bawa, melainkan ia adalah termasuk penghuni neraka.” (HR. Muslim).

* Yakin dan beriman bahawa tidak ada nabi lagi setelah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam

Beriman kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah meyakini tanpa keraguan bahawa ajaran dan kenabiannya adalah haq dari Allah subhanahu wata’ala, dan mengamalkan segala tuntutannya. Memperakui semua ajaran yang Baginda bawa, dan yakin bahawa semua berita dari Allah yang Baginda sampaikan adalah benar.

Allah Shallallahu ‘alaihi wasallam berfirman:

مَّا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِّن رِّجَالِكُمْ وَلَكِن رَّسُولَ اللَّهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ وَكَانَ اللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيماً

Bukanlah Nabi Muhammad itu (dengan sebab ada anak angkatnya) menjadi bapa yang sebenar bagi seseorang dari orang lelaki kamu, tetapi ia adalah Rasul Allah dan kesudahan segala Nabi-nabi. Dan (ingatlah) Allah adalah Maha Mengetahui akan tiap-tiap sesuatu”. (Surah: Al-Ahzab: 40).

Imam hafizh Ibnu Katsir berkata:

Ayat ini merupakan nash bahawa tidak ada nabi setelahnya, jika tidak ada nabi setelahnya berarti tidak ada rasul setelahnya dan ia lebih pantas dan lebih layak untuk tidak ada kerana risalah lebih khusus daripada nubuwah. Setiap rasul adalah nabi akan tetapi bukan semua nabi adalah rasul.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“… Dan sesungguhnya akan muncul pada ummatku pendusta yang jumlahnya tiga puluh orang, mereka semua mengaku sebagai Nabi, sedangkan aku adalah penutup para Nabi dan tidak ada Nabi sepeninggalku.” (Hadits riwayat Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, dengan sanad yang shahih menurut syarat Muslim)

* Mengakui risalah (ajaran)  Baginda dan menyakini kesempurnaan risalah (ajaran) tersebut

Beriman kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam adalah meyakini tanpa keraguan bahawa ajaran dan kenabiannya adalah haq dari Allah Subhanahu wa ta’ala, dan mengamalkan segala tuntutannya. Memperakui semua ajaran yang Baginda bawa, dan yakin bahawa semua berita dari Allah yang Baginda sampaikan adalah benar.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ آمِنُواْ بِاللّهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ عَلَى رَسُولِهِ
وَالْكِتَابِ الَّذِيَ أَنزَلَ مِن قَبْلُ وَمَن يَكْفُرْ بِاللّهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ
وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلاَلاً بَعِيداً

Wahai orang-orang yang beriman! Tetapkanlah iman kamu kepada Allah dan RasulNya, dan kepada Kitab Al-Quran yang telah diturunkan kepada RasulNya (Muhammad, s.a.w), dan juga kepada Kitab-kitab Suci yang telah diturunkan dahulu daripada itu. Dan sesiapa yang kufur ingkar kepada Allah, dan Malaikat-malaikatNya, dan Kitab-kitabNya, dan Rasul-rasulNya dan juga Hari Akhirat, maka sesungguhnya ia telah sesat dengan kesesatan yang amat jauh”. (Surah: An-Nisaa’:136)

Kita pun beriman bahwa seluruh risalah yang diwahyukan kepada beliau telah beliau sampaikan dan telah sempurna, sehingga kita tidak memerlukan lagi tambahan-tambahan atau bahkan mengurangi syari’at yang ada didalamnya.

Dalam hajjatul wada (haji perpisahan) Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkhutbah kepada para sahabatnya:

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

* Mengakui ajaran Baginda dan meyakini kesempurnaan ajaran tersebut

“Bukankah aku telah menyampaikan (risalahku)?” Mereka menjawab, “Ya.” Nabi mengulang, “Bukankah aku telah menyampaikan (risalahku)?” Mereka menjawab, “Ya.” Nabi mengulang, “Bukankah aku telah menyampaikan (risalahku)?” Mereka menjawab, “Ya.” Nabi bersabda, “Ya Allah, saksikanlah!” Nabi menunjuk dengan jarinya ke langit dan mengarahkannya kepada hadirin. (Hadits riwayat  Muslim)

Saat haji wada’ itulah turun firman Allah Subhanahu wa ta’ala mempersaksikan bahawa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menyampaikan semua yang dititahkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala, hingga agama ini sempurna,

Maka turunlah ayat, yang artinya:

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا

Pada hari ini telah Kusempurnakan untukmu agamamu, telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Kuridhai Islam itu jadi agama bagimu.” (Surah: Al-Maidah: 3)

Sahabat Abu Dzar al-Ghifari radhiyallahu ‘anhu berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah meninggalkan kami dalam keadaan tidak ada seekor burung pun yang mengepakkan sayapnya di udara, kecuali beliau telah sebutkan ilmu tentangnya.” Kemudian beliau berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam  telah bersabda, ‘Tidak ada sesuatu pun yang dapat mendekatkan kepada surga dan menjauhkan dari api neraka, kecuali telah dijelaskan kepada kalian’.” (Hadits riwayat. ath-Thabarani no. 1647 dengan sanad yang sahih)

Seorang musyrik berkata kepada Salman al-Farisi radhiyallahu ‘anhu, “Sungguh, sahabat kalian (iaitu Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam  telah mengajarkan segala sesuatu kepada kalian, sampai pun tentang adab buang hajat.” Jika Allah Subhanahu wa ta’ala, Rasul-Nya, dan para sahabat rasul sebagai generasi terbaik umat ini telah mempersaksikan kesempurnaan Islam, kita pun harus demikian. Kita harus menyakini bahawa seluruh nabi dan rasul, termasuk nabi kita Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam, telah menyampaikan seluruh kebaikan.

Abdullah bin Mas’ud radhiallahu ‘anhu berkata:

Ikutilah Sunnah (ittiba) dan jangan lakukan bida’ah kerana  Sunnah (apa yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alahi wasallam), sudah mencukupi dan sesungguhnya setiap yang baru adalah bida’ah dan setiap bida’ah adalah sesat.

Maka jika Allah, Rasul-Nya dan para sahabat (yang merupakan generasi terbaik umat ini) telah memperakui kesempurnaan Islam, maka kita pun seharusnya berbuat demikian.

* Mengimani keumuman risalah beliau

Artinya, beriman kepada Muhammad shållallåhu ‘alahi wa sallam sebagai rasul sahaja belum cukup sehingga termasuk meyakini bahawa agama yang dibawa oleh Baginda tidak hanya diperuntukkan kepada wilayah atau bangsa atau suku atau ras tertentu saja akan tetapi ia adalah amanat yang bersifat global yang merangkumi seluruh manusia di bumi tanpa dibatas oleh wilayah, bangsa atau warna. Jika ada yang berkata, ajaran (risalah) atau syari’at Muhammad shallallahu ‘alahi wa sallam hanya untuk orang-orang Arab saja –misalnya- maka pengakuan keislamannya kepadanya gugur.

Sebagaimana dalam firman Allah Subhanahu wa ta’ala:

قُلْ يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنِّي رَسُولُ اللّهِ إِلَيْكُمْ جَمِيعاً

Katakanlah (wahai Muhammad): "Wahai sekalian manusia! Sesungguhnya aku adalah Pesuruh Allah kepada kamu semuanya, (di utus oleh Allah)….” (Surah Al-A’raf:158)

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

تَبَارَكَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَى عَبْدِهِ لِيَكُونَ لِلْعَالَمِينَ نَذِيراً

"Maha berkat Tuhan yang menurunkan Al-Furqaan kepada hambaNya (Muhammad), untuk menjadi peringatan dan amaran bagi seluruh penduduk alam”. (Surah Al-Furqaan: 1)

Dalam Surah Saba ayat 28, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا كَافَّةً لِّلنَّاسِ بَشِيراً وَنَذِيراً وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

“Dan tiadalah Kami mengutusmu (wahai Muhammad) melainkan untuk umat manusia seluruhnya, sebagai Rasul pembawa berita gembira (kepada orang-orang yang beriman), dan pemberi amaran (kepada orang-orang yang ingkar); akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui (hakikat itu)”.

2.  MENCINTAI RASUL SHALLALLAHU ‘ALAIHI WASSALAM

Merupakan hak Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam atas ummatnya adalah mencintainya, karena iman tidak ada artinya jika tidak disertai dengan kecintaan kepada beliau.

Mencintai beliau lebih dari mencintai diri sendiri, ayah dan anak sebagaimana dalam firman Allah Subhanahu wa ta’ala:

قُلْ إِن كَانَ آبَاؤُكُمْ وَأَبْنَآؤُكُمْ وَإِخْوَانُكُمْ وَأَزْوَاجُكُمْ وَعَشِيرَتُكُمْ وَأَمْوَالٌ
اقْتَرَفْتُمُوهَا وَتِجَارَةٌ تَخْشَوْنَ كَسَادَهَا وَمَسَاكِنُ تَرْضَوْنَهَا أَحَبَّ إِلَيْكُم مِّنَ
اللّهِ وَرَسُولِهِ وَجِهَادٍ فِي سَبِيلِهِ فَتَرَبَّصُواْ حَتَّى يَأْتِيَ اللّهُ بِأَمْرِهِ وَاللّهُ لاَ يَهْدِي الْقَوْمَ الْفَاسِقِينَ

Katakanlah (wahai Muhammad): "Jika bapa-bapa kamu, dan anak-anak kamu, dan saudara-saudara kamu, dan isteri-isteri (atau suami-suami) kamu, dan kaum keluarga kamu, dan harta benda yang kamu usahakan, dan perniagaan yang kamu bimbang akan merosot, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, - (jika semuanya itu) menjadi perkara-perkara yang kamu cintai lebih daripada Allah dan RasulNya dan (daripada) berjihad untuk ugamaNya, maka tunggulah sehingga Allah mendatangkan keputusanNya (azab seksaNya); kerana Allah tidak akan memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik (derhaka). (Surah At-Taubat: 24)

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak beriman salah seorang diantara kami sehingga aku lebih dicintainya daripada anaknya, ayahnya dan manusia semuanya.” (Hadits riwayat Bukhari dan Muslim)

Dari Abdullah bin Hisyam berkata; kami pernah bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam  yang saat itu beliau bergandingan tangan dengan Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu , kemudian Umar berkata kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam: “Ya Rasulullah, sungguh engkau lebih aku cintai dari segala-galanya selain diriku sendiri.” Maka Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: “Tidak demikian, demi Dzat yang jiwaku berada di Tangan-Nya, hingga aku lebih engkau cintai daripada dirimu sendiri.” Maka Umar berkata; ‘Sekarang demi Allah, sesungguhnya engkau lebih aku cintai daripada diriku sendiri. Maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sekarang (telah sempurna imanmu) wahai Umar.” (Hadits riwayat Bukhari)

Imam Al Qadhi ‘Iyadh Al Yahshubi berkata:

“Ketahuilah bahwa barangsiapa yang mencintai sesuatu, maka dia akan mengutamakannya dan berusaha mencontohinya.  Jika tidak, maka bererti dia tidak benar- benar  mencintai dan hanya mengaku-aku tanpa bukti nyata. Maka orang yang benar-benar (pengakuan) mencintai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang dapat dilihat (bukti) kecintaan tersebut pada dirinya.”

“Tanda (bukti) cinta kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang utama adalah (dengan) meneladani beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, mengamalkan sunnahnya, mengikuti semua ucapan dan perbuatannya, melaksanakan segala perintah dan menjauhi larangannya, serta menghiasi diri dengan adab-adab (etika) yang beliau (contohkan), dalam keadaan susah maupun senang dan lapang maupun sempit.” (Asy Syifa bi Ta’riifi Huquuqil Mushthafa, 2/24)

3.   TAAT TERHADAP BELIAU

Taat kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam merupakan salah satu kewajiban seorang muslim, sebagaimana disebutkan di dalam al-Qur’an.

Taat kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam merupakan salah satu kewajiban seorang muslim, sebagaimana disebutkan di dalam al-Qur’an:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَلَا تُبْطِلُوا أَعْمَالَكُمْ

“Wahai orang-orang yang beriman! Taatlah kamu kepada Allah dan taatlah kepada Rasul Allah, dan janganlah kamu batalkan amal-amal kamu!” (Surah Muhamad: 33)

Allah Subhanahau wa ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ أَطِيعُواْ اللّهَ وَرَسُولَهُ وَلاَ تَوَلَّوْا عَنْهُ وَأَنتُمْ تَسْمَعُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Taatlah kepada Allah dan RasulNya dan janganlah kamu berpaling daripadanya, sedang kamu mendengar (Al-Quran yang mewajibkan taatnya).” (Surah Al-Anfaal:20)

Allah Subhanahau wa ta’ala berfirman:

وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانتَهُوا

"Dan apa jua perintah yang dibawa oleh Rasulullah (s.a.w) kepada kamu maka terimalah serta amalkan, dan apa jua yang dilarangNya kamu melakukannya maka patuhilah laranganNya”. (Surah Al-Hasyr: 7)

Dari Abu Hurairah:  Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa taat kepadaku, bererti dia telah taat kepada Allah Subhanahu wa ta’ala; dan barang siapa menderhakaiku, bererti dia durhaka kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Selain dari taat kepada Baginda, kita juga hendaklah menjauhkan diri kita dari mendurhakai Baginda, dan salah satu bentuk kedurhakaan terhadap Baginda ialah sentiasa menyimpang atau bahkan menentang perintah dan larangan Baginda.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Dan sudah dijadikan kehinaan dan kerendahan atas mereka yang menyelisihiku.” (HR. Bukhari di dalam bab “Maa qiila fi ar-rimaah“)

Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam lagi:

“Setiap umatku akan masuk surga, kecuali yang enggan.” Mereka bertanya: “siapa yang enggan wahai Rasulullah?” Beliau berkata: “Siapa yang taat kepadaku, akan masuk surga, dan siapa yang tidak taat kepadaku, akan masuk neraka.” (hadist riwayat Bukhari)

Dan salah satu bentuk ketidak-taatan, penyelisihan dan penentangan terhadap Baginda iaitu melakukan bid’ah.

Bid’ah dalam agama ialah sesuatu yang tidak disyari’atkan oleh Allah dan rasul-Nya iaitu tidak diperintahkan dengan perintah wajib atau perintah sunnah. Adapun yang diperintahkan dengan perintah wajib dan sunnah serta diketahui perintah-perintah tersebut dengan dalil-dalil syar’i, maka hal itu termasuk yang disyari’atkan oleh Allah.

Bid’ah sendiri artinya sesuatu yang baru dalam agama setelah agama itu dinyatakan sempurna dan setelah wafatnya Nabi.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Seburuk-buruk urusan adalah hal-hal baru dalam agama, setiap hal yang baru dalam agama adalah bid’ah, setiap
bid’ah merupakan kesesatan, dan setiap kesesatan adalah neraka”. (Diriwayatkan oleh Abu Daud dan Ibnu Majah).

Dalam riwayat lain disebut, “Barangsiapa melakukan suatu amal (ibadah) yang tidak ada keterangannya dari kami, akan tertolak. “Beliau juga bersabda, “Aku telah meninggalkan kalian di jalan lurus yang terang dan jelas, malam harinya saperti siang, dan hanya perusaklah yang berpaling darinya sepeninggalku.”

Rasulullah juga menjelaskan, “Barang siapa yang membuat cara ibadah baru (bid’ah), atau membantu orang yang menjalankan Bid’ah, maka dia mendapat laknat dari Allah Subhanahu wa ta’ala, para malaikat dan semua manusia.” (Hadits riwayat Bukhari, Ibnu Hibban, Abu Dawud)

4. ITTIBA’ (MENGIKUT) NABI SHALLALLAHU ‘ALAIHI WASSALAM

Allah Subhanahu wa ta’ala memberitahukan bahawa ittiba’ kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam merupakan  bukti cinta seorang muslim kepada Allah subhanahu wata’ala.

Difirman oleh Allah Subhanahu wa ta’ala:

قُلْ إِن كُنتُمْ تُحِبُّونَ اللّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

“Katakanlah (wahai Muhammad): "Jika benar kamu mengasihi Allah maka ikutilah daku, nescaya Allah mengasihi kamu serta mengampunkan dosa-dosa kamu. Dan (ingatlah), Allah Maha Pengampun, lagi Maha Mengasihani”.
(Surah Al-Imran: 31)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Demi Dzat yang jiwaku di tangan-Nya seandainya Musa hidup maka tidak boleh baginya kecuali mengikutiku.”

(Dikeluarkan oleh Abdur Razzaq dalamMushannafnya 6/Fl 3, lbnu Abi Syaibah dalam Mushannafnya 9/47, Ahmad dalam Musnadnya 3/387, dan lbnu Abdil Barr dalam Jami’ Bayan Ilmi 2/805, Syaikh Al-Albani berkata dalam Irwa’ 6/34, “Hasan”)

Syaikh Al-Albani rahimahullahu berkata:

“Jika Musa Kalimullah tidak boleh ittiba’ kecuali kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bagaimana dengan yang lainnya? Hadits ini merupakan dalil yang qath‘i atas wajibnya mengesakan Nabi Shallallahu alaihi wasallam dalam hal ittiba’, dan ini merupakan natijah syahadat ‘anna Muhammadan rasulullah”, karena itulah Allah sebutkan dalam ayat di atas (Ali lmran : 31) bahawa ittiba’ kepada Rasulullah bukan kepada yang lainnya adalah dalil kecintaan Allah kepadanya” (Muqaddimah Bidayatus Sul fi Tafdhili Rasul hal.5-6)

Maka dengan hal ini pula adalah haram, meninggalkan apa-apa yang beliau syari’atkan dan tuntunkan hanya kerana beralasan ada pendapat-pendapat lain, baik itu pendapat dari kalangan shahabat, tabi’in, tabi’ut tabi’in terlebih lagi orang-orang setelah mereka. Dalam hal ini, imam madzhab (imam yang empat) bersepakat (ijma’) bahawa tidak boleh ada pendapat seorang pun yang didahulukan jikalau telah ada sunnah dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam.

Al-Imam Abu Hanifah berkata:

 “Tidak halal atas seorangpun mengambil perkataan kami selama dia tidak tahu dari mana kami mengambilnya” Dalam riwayat lain beliau berkata, “Orang yang tidak tahu dalilku, haram atasnya berfatwa dengan perkataanku” (Dinukil oleh Ibnu Abidin dalam Hasyiyahnya atas Bahru Raiq 6/293 dan Sya’ rany dalam Al-Mizan 1/55)

Al-Imam Malik berkata :

“Sesungguhnya aku adalah manusia yang bisa benar dan keliru. Lihatlah pendapatku, setiap yang sesuai dengan Kitab dan Sunnah maka ambillah, dan setiap yang tidak sesual dengan Kitab dan Sunnah maka tinggalkanlah.” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abdil Barr dalam Al-Jami’ 2/32)

Al-Imam Asy-Syafi’i berkata:

“Jika kalian menjumpai sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, ittiba’lah kepadanya, janganlah kalian menoleh kepada perkataan siapapun.” (Diriwayatkan oleh Abu Nu’aim dalam Hilyatul Auliya’ 9/107 dengan sanad yang shahih)

Al-Imam Ahmad berkata:

“Janganlah engkau taqlid dalam agamamu kepada seorangpun dari mereka, apa yang datang dari Nabi dan para sahabatnya ambillah” Beliau juga berkata, “Ittiba’ adalah jika seseorang mengikuti apa yang datang dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya.” (Masa’iI Al-Imam Ahmad oleh Abu Dawud hal.276- 277)

5. MENJADI NABI SHALLALLAHU ‘ALAIHI WASALLAM SEBAGAI IMAM DAN HAKIM DALAM                   SETIAP PERKARA

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

فَلاَ وَرَبِّكَ لاَ يُؤْمِنُونَ حَتَّىَ يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لاَ يَجِدُواْ فِي
أَنفُسِهِمْ حَرَجاً مِّمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُواْ تَسْلِيماً

“Maka demi Tuhanmu (wahai Muhammad)! Mereka tidak disifatkan beriman sehingga mereka menjadikan engkau hakim dalam mana-mana perselisihan yang timbul di antara mereka, kemudian mereka pula tidak merasa di hati mereka sesuatu keberatan dari apa yang telah engkau hukumkan, dan mereka menerima keputusan itu dengan sepenuhnya”. (Surah An-Nisaa: 65)

Al-Hafizh Imam Ibnu Katsir berkata:

“Allah Taala bersumpah dengan diriNya yang Maha Mulia lagi Maha Suci bahwa seseorang belum beriman sehingga dia menjadikan rasul sebagai hakim dalam segala perkara, apa yang diputuskan olehnya adalah benar wajib tunduk kepadanya lahir batin”

“Oleh karena itu Allah berfirman, ‘Kemudian mereka tidak merasa dalam hati mereka sesuatu keberatan terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya.’ yakni jika mereka menjadikanmu sebagai hakim, mereka menaatimu dalam batin mereka maka mereka tidak merasa keberatan dari apa yang kamu putuskan, mereka tunduk kepadanya lahir dan batin.

“Maka mereka menyerah diri sepenuhnya tanpa menolak dan membantah sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam:

وَالَّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهِ لاَ يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى أَكُوْنَ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِنْ وَالِدِهِ وَوَلَدِهِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِيْنَ.

“Demi Dzat Yang jiwaku ada di TanganNya, tidaklah beriman salah seorang di antara kalian hingga aku lebih dia cintai daripada orang tuanya, anaknya, dan semua manusia.” (Diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim).
Dalam Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala yang lain juga disebut:
                                                                    
وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلَا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَمْراً أَن يَكُونَ لَهُمُ
الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ وَمَن يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالاً مُّبِيناً

“Dan tidaklah harus bagi orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan - apabila Allah dan RasulNya menetapkan keputusan mengenai sesuatu perkara - (tidaklah harus mereka) mempunyai hak memilih ketetapan sendiri mengenai urusan mereka. Dan sesiapa yang tidak taat kepada hukum Allah dan RasulNya maka sesungguhnya ia telah sesat dengan kesesatan yang jelas nyata”. (Surah Al-Ahzaab: 36)

6.  MENELADENI NABI SHALLALLAHU ‘ALAIHI WASALLAM

Allah subhanahu wata’ala memerintahkan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam untuk mengambil tauladan dari para nabi dan rasul sebelum beliau. Dan kita diperintahkan untuk mengikut tauladan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, sebagimana firman Allah subhanahu wata’ala, yang artinya:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيراً
“Demi sesungguhnya, adalah bagi kamu pada diri Rasulullah itu contoh ikutan yang baik, iaitu bagi orang yang sentiasa mengharapkan (keredaan) Allah dan (balasan baik) hari akhirat, serta ia pula menyebut dan mengingati Allah banyak-banyak (dalam masa susah dan senang).” (Surah Al-Ahzaab: 21)

Syaikh ‘Abdurrahman As-Sa’di berkata:

“Ayat yang mulia ini menunjukkan kemuliaan dan keutamaan besar mengikuti sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, karena Allah Ta’ala sendiri yang menamakan semua perbuatan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai “teladan yang baik”, yang ini menunjukkan bahawa orang yang meneladani sunnah baginda Shallallahu ‘alaihi wa sallam berarti dia telah menempuh ash-shirathal mustaqim (jalan yang lurus) yang akan membawanya mendapatkan kemuliaan dan rahmat Allah Subhanahu wa ta’ala.” (Lihat keterangan Syaikh ‘Abdurrahman As Sa’di ketika menafsirkan ayat di atas, hal. 481)

Ketika menafsirkan ayat ini, Imam Ibnu Katsir berkata:

“Ayat yang mulia ini merupakan landasan yang agung dalam meneladani Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam semua ucapan, perbuatan dan keadaan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (Tafsir Ibnu Katsir, 3/626)

7.  MEMULIAKAN DAN MENGHORMATI BELIAU

Wajib bagi setiap Muslim untuk memuliakan dan menghormati Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sesuai kedudukannya, dengan catatan tidak mengangkatnya hingga sampai derajat ketuhanan (berlebih-lebihan dalam memuliakan beliau) dan juga tidak meremehkan atau pun sampai menghina beliau.

Golongan al-ifrath adalah mereka yang melampaui batas dalam memuji dan mengangkat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam sehingga menyamakan derajatnya dengan Allah atau memberikan sifat-sifat yang sesungguhnya hanya layak bagi Allah semata atau mendudukkannya seperti kedudukan Allah.

Mereka yang berlebih-lebihan dalam memuji Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam telah menyerupai Nashrani ketika menuhankan nabi Isa ‘alaihis sallam, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam pun memperingatkan umatnya agar jangan seperti mereka.

Umar radiallahu anhu berkata ketika itu Rasulullah berada di atas mimbar; Aku mendengar Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

قَالَ عُمَرُ -رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ- وَهُوَ عَلَى المِنْبَرِ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- يقول: «لاَ تُطْرُوْنِي كَمَا أَطْرَتِ النَّصَارَى ابْنَ مَرْيَمَ فَإِنَّمَا أَنَا عَبْدُهُ، فَقُوْلُوْا: عَبْدُ اللَّهِ وَرَسُوْلُهُ

“Janganlah kalian berlebihan dalam memuji aku sebagaimana orang-orang Nasrani telah berlebihan dalam memuji Ibnu Maryam, bahwasanya aku hanyalah hamba-Nya, maka katakanlah; hamba Allah dan Rasul-Nya.”
(Hadits riwayat Bukhari)

Mengagungkan Baginda adalah mengagungkan segala sesuatu yang berkaitan dengan Baginda, seperti nama Baginda, hadits, sunnah, syari’at, keluarga dan juga para sahabat beliau. Termasuk memuliakan Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam adalah tidak biadap terhadap Baginda dan tidak mengeraskan suara di hadapan Baginda.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُقَدِّمُوا بَيْنَ يَدَيِ اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَرْفَعُوا أَصْوَاتَكُمْ فَوْقَ صَوْتِ النَّبِيِّ وَلَا تَجْهَرُوا لَهُ
بِالْقَوْلِ كَجَهْرِ بَعْضِكُمْ لِبَعْضٍ أَن تَحْبَطَ أَعْمَالُكُمْ وَأَنتُمْ لَا تَشْعُرُونَ

Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memandai-mandai (melakukan sesuatu perkara) sebelum (mendapat hukum atau kebenaran) Allah dan RasulNya; dan bertaqwalah kamu kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Mendengar, lagi Maha Mengetahui. Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mengangkat suara kamu melebihi suara Nabi, dan janganlah kamu menyaringkan suara (dengan lantang) semasa bercakap dengannya sebagaimana setengah kamu menyaringkan suaranya semasa bercakap dengan setengahnya yang lain. (Larangan yang demikian) supaya amal-amal kamu tidak hapus pahalanya, sedang kamu tidak menyedarinya.
(Surah Al-Hujuraat: 1-2)

Di dalam ayat di atas Allah Subhanahu wa ta’ala melarang kita mengeraskan suara di hadapan Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, bahkan harus merendahkan suara dalam berbicara, dengan penuh adab, sopan-santun, hormat dan meletakkan derajat yang tinggi. Orang yang tidak perhatian terhadap hal ini dikhawatirkan amalnya akan gugur tanpa dia sedari. Ini dikeranakan Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam adalah lain daripada yang lain, tidak seperti lazimnya manusia.
Seorang mestilah memiliki etika khusussaat berbicara dengan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam untuk menghormatinya.

Para ulama mengatakan bahawa mengeraskan suara di sisi kubur Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam adalah dibenci, sebagaimana hal itu dilarang ketika beliau masih hidup, sebab beliau itu terhormat ketika hidup dan mati.

Al-Imam Ibnul Qayyum dalam menafsirkan ayat diatas (yakni Surah: Al-Hujurat 1-2), berkata:

“Maka Allah Subhannahu wa Ta’ala memperingatkan kaum mukminin tentang gugurnya amalan mereka kerana mengeraskan suara kepada Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam sebagaimana mereka mengeraskan suara kepada temannya. Hal ini tidak menunjukkan kemurtadan, akan tetapi merupakan kemaksiatan yang dapat menggugurkan amalan, sedangkan pelakunya tidak merasakan. Lalu bagaimanakah orang yang memperkecilkan/meremehkan sabda dan ajaran Rasul Shalallaahu alaihi wasalam, petunjuk serta jalannnya, lalu mengutamakan kata-kata, petunjuk dan jalan selain dari yang diajarkan Baginda? Bukankah hal ini sungguh telah menggugurkan amalannya, sedang mereka tidak merasakan?”

Mari kita lihat kisah berikut:

Dari Khordzad bin al-'Abid dia berkata, “Abu Muawiyah adh-Dharir meriwayatkan di sisi Harun ar-Rasyid tentang hadits, "Adam beradu argumen dengan Musa." Maka tiba-tiba berkata seorang dari bangsawan Quraisy "Di mana Adam bertemu dengannya (Musa).”. Maka Harun ar-Rasyid pun marah dan berkata, Untuk perkataan (yang mengada-ada) adalah pedang, dia seorang zindiq yang mencerca hadits. Maka Abu Muawiyah terus berusaha menenangkan beliau lalu berkata, Sabar wahai Amirul Mu'minin, bahawa dia belum faham, sampai akhirnya beliau tenang.

Inilah nash-nash kitab dan sunnah tentang pengagungan Sunnah, serta beginilah sikap para salafus sholih terhadap orang-orang yang menentang sunnah. Kita lihat pada diri mereka terdapat kekuatan, keteguhan dan ketegasan terhadap orang yang menampakkan sesuatu yang di dalamnya terdapat penentangan terhadap sunnah.

Maka bandingkanlah sikap mereka terhadap orang-orang yang menentang sunnah dengan sikap orang di masa ini tatkala melihat orang yang menentang serta mengolok-olok Sunnah-sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. Dan inilah adab yang harus kita jaga dan pertahankan sebagi bentu menghormati dan memuliakan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam.

Tidak diperbolehkan juga merendahkan beliau, seperti yang dilakukan oleh golongan at-tafrith (meremehkan). Mereka menjatuhkan martabat Baginda dan merendahkannya dengan menolak sunnah-sunnahnya secara keseluruhan saperti yang terjadi pada para pengingkar sunnah yang dikenal dengan istilah aliran ingkar sunnah atau Qur’aniyyun. Mereka ini dikafirkan oleh para ulama dan dihukumi sebagai murtad (keluar dari agama Islam) kerana kalimat syahadat yang diyakininya hanya sebatas “laa ilaaha illallah” sehingga membatalkan persaksiannya terhadap kalimat “muhammadur råsulullah” dengan pengingkarannya terhadap sunnah-sunnah nabinya.

Para pengingkar sunnah itu diancam oleh Allah Subhanahu wa ta’ala dengan ancaman yang berat. Allah Subhanahu wa ta’ala mengancam mereka dengan Neraka Jahannam dan kekal di dalamnya selama-lamanya.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

إِلَّا بَلَاغاً مِّنَ اللَّهِ وَرِسَالَاتِهِ وَمَن يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَإِنَّ لَهُ نَارَ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَداً

"(Aku diberi kuasa) hanya menyampaikan (wahyu) dari Allah dan perintah-perintahNya (yang ditugaskan kepadaku menyampaikannya); dan sesiapa yang menderhaka kepada Allah dan ingkarkan bawaan RasulNya, maka sesungguhnya disediakan baginya neraka Jahannam; kekalah mereka di dalamnya selama-lamanya.".
(Surah Al-Jinn: 23)

Allah ancam mereka dengan kesesatan di dunia dan adzab neraka di akhirat dan Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman dalam surah An Nisaa ayat 115:

وَمَن يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِن بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَى وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ
نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّى وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ وَسَاءتْ مَصِيراً

Dan sesiapa yang menentang (ajaran) Rasulullah sesudah terang nyata kepadanya kebenaran pertunjuk (yang dibawanya), dan ia pula mengikut jalan yang lain dari jalan orang-orang yang beriman, Kami akan memberikannya kuasa untuk melakukan (kesesatan) yang dipilihnya, dan (pada hari akhirat kelak) Kami akan memasukkannya ke dalam neraka jahanam; dan neraka jahanam itu adalah seburuk-buruk tempat kembali”.

Serta diancam dengan fitnah kesesatan dan kekufuran.

Sebagaimana Firman Allah Subhanahu wa ta’ala:

 فَلْيَحْذَرِ الَّذِينَ يُخَالِفُونَ عَنْ أَمْرِهِ أَن تُصِيبَهُمْ فِتْنَةٌ أَوْ يُصِيبَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

“Hendaklah mereka yang mengingkari perintahnya, beringat serta berjaga-jaga jangan mereka ditimpa bala bencana, atau ditimpa azab seksa yang tidak terperi sakitnya”. (Surah Al-Nur: 63)

Hal-hal diatas juga berlaku pada ahlul bid’ah yang sentiasa menyelisihi sunnah-sunnah Baginda dan mengantikan nya dengan syari’at-syari’at yang tidak pernah Baginda ajarkan dan tuntutkan.

8.  NASIHAT UNTUK BAGINDA

Nasihat secara bahasa artinya menghendaki kebaikan, sehingga ketika seorang muslim menasehati saudaranya berarti dia ingin agar saudaranya itu menjadi baik.

Adapun nasihat untuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ketika beliau masih hidup adalah dengan mengerahkan segala upaya untuk taat kepada beliau, menolong dan membantu beliau, membelanjakan harta jika beliau memerintahkan dan berlomba-lomba mencintai beliau. Dan setelah beliau meninggal dengan cara berusaha mempelajari sunnah, akhlaq dan adab beliau. Mengagungkan perintah-perintah beliau dan konsisten dalam menjalankannya. Membenci dan marah kepada orang-orang yang menyelisihi sunnah beliau, mencintai orang yang ada ikatan kekerabatan, perbesanan, pertalian hijrah, dan persahabatan dengan beliau. Berwala’ (setia) kepada beliau dan memusuhi orang yang memusuhi beliau.

9.  MENCINTA KELUARGA BAGINDA, ISTERI-ISTERI BAGINDA, AI AHLI BAIT DAN SHAHABAT BAGINDA SERTA MENGOHORMATI MEREKA.

Mencintai keluarga Baginda, isteri-isteri Baginda, Ahli Bait dan Shahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam merupakan sebahagian dari cinta kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, dan merupakan cinta yang wajib. Maka barang siapa yang membenci keluarga, isteri-isteri Baginda, ahli bait atau shahabat beliau yang telah direadhai Allah Subhanahu wa ta’ala maka berarti telah membenci Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, kerana cinta kepada beliau berkaitan erat dengan cinta kepada mereka.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda mengenai paman beliau al-Abbas radhiyallahu anhu yang merupakan salah seorang ahli bait beliau:

Barang siapa menyakiti pamanku, maka dia telah menyakitiku.”

Dan tentang Aisyah Ummul Mukminin radhiyallahu anha Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Janganlah kalian menyakitiku dalam hal Aisyah.”

Tentang para shahabat Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda:

لاَ تَسُبُّوا أَصْحَابِي لاَ تَسُبُّوا أَصْحَابِي فَوَالَّذِي نَفْسِيْ بِيَدِهِ لَوْ أَنَّ أَحَدَكُمْ أَنْفَقَ
مِثْلَ أُحُدٍ ذَهَبًا مَا أَدْرَكَ مُدَّ أَحَدِهِمْ وَلاَ نَصِيفَهُ

Janganlah kalian mencela para sahabatku, janganlah kalian mengata-ngatai para sahabatku, demi Dzat Yang jiwaku berada di Tangan-Nya, seandainya salah seorang di antara kalian  menginfakkan /membelanjakan emas sebesar gunung Uhud, niscaya dia tidak akan mampu menyamai satu mud dan tidak pula setengah mud dari apa yang telah mereka infakkan.”(HR. Bukhari dan Muslim)

10.  BERSELAWAT KEPADA BELIAU

Allah subhanahu wata’ala memerintahkan orang- orang mukmin untuk berselawat kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam dalam firman-Nya:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً

“Sesungguhnya Allah dan malaikatNya berselawat (memberi segala penghormatan dan kebaikan) kepada Nabi (Muhammad s.a.w); wahai orang-orang yang beriman berselawatlah kamu kepadanya serta ucapkanlah salam sejahtera dengan penghormatan yang sepenuhnya”. (Surah Al-Ahzaab: 56)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, yang artinya:

“Orang yang bakhil/kikir adalah orang yang ketika aku (namaku) disebut, lalu ia tidak bershalawat kepadaku“(Hadits riwayat At-Tirmidzi, Ahmad, dan selainnya; shahih)

Berselawat kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam merupakan kewajiban setiap mukmin, iaitu dengan mengucapkan selawat dan salam sekaligus, Tidak selawat (shallallahu ‘alaihi) saja atau hanya salam saja (‘alaihis salam), namun Shallallahu ‘alaihi wasallam.

Salah satu adab dalam berselawat kepada beliau iaitu tidak bakhil, yakni tidak mempersingkan selawat kepada beliau dengan singkatan-singkatan saperti “s.a.w” dan lain sebagainya.

Al-Imam An-Nawawi Rahimahullah berkata, “Hendaknya (orang yang) menuliskan kata-kata Shallallahu ‘alaihi wa sallam, (menuliskannya) secara sempurna ketika menyebutkan nama Nabi (Muhammad), tidak dengan menyingkatnya, dan tidak pula mencukupkan diri pada salah satunya (salam atau shalawat saja)”

Dan adab lainnya iaitu, berselawat kepada beliau sesuai dengan apa yang beliau tuntutkan dan ajarkan kepada kita, tidak menggunakan selawat-selawat bid’ah seperti, selawat nariyah, selawat basyisyiyyah, selawat badar dan lain sebagainya, yang dibuat-buat oleh tangan-tangan manusia, yang tidak pernah beliau ajarkan kepada kita.

Demikian sekelumit etika yang seharusnya diperhatikan bagi setiap muslim tentang kewajipan terhadap Nabi Muhammad Shallallahu ‘alahi wasallam yang WAJIB kita ketahui dalam merangka mewujud dan mengamalkan syahadah “Wa asyhadu anna muhammadur rasulullah”. Semoga kita menjadi hamba-Nya yang sentiasa diatas sunnah Nabi-Nya dan selalu istiqomah diatas jalan-Nya. Amin.

Sumber: “Haqqu an-Nabi Shallallahu ‘Alihi Wasallam ‘ala Ummatih – Yahya bin Musa al-Zahrani
Tafsir Al-Quran: Project Mymasjid Malaysia (http://www.mymasjid.net.my)
Alih Bahasa: Puteri Eliza / HAR

No comments: