Nasehat Bagi
Yang Mencintai Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam Dengan Merayakan Maulid
Oleh: Ustadz Abu Abdillah Ahmad Zain
و آله وصحبه
أجمعين, أما بعد:
Kadang-kadang sebahagian kaum muslim yang
berpendapat diperbolehkannya memperingati maulid Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersandarkan
pada beberapa syubuhat (alasan-alasan rancu), diantaranya:
1. Anggapan mereka bahawa peringatan tersebut
merupakan bentuk pengagungan terhadap Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam.
Jawaban: “Sesungguhnya
pengagungan terhadap beliau Shallallahu
‘alaihi wasallam dengan cara menta’ati beliau shallallahu ‘alaihi wasallam,
mengerjakan perintah beliau Shallallahu
‘alaihi wasallam, menjauhi larangan beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam, bukan pengagungan beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam dengan
perbuatan bid’ah atau khurafat atau maksiat.
Para shahabat Nabi Muhammad radhiyallahu ‘anhum adalah
manusia-manusia yang paling mengagungkan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam dari seluruh manusia.
Sebagaimana perkataan ‘Urwah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu kepada orang-orang
Quraisy:
أَىْ قَوْمِ ،
وَاللَّهِ لَقَدْ وَفَدْتُ عَلَى الْمُلُوكِ ، وَوَفَدْتُ عَلَى قَيْصَرَ
وَكِسْرَى وَالنَّجَاشِىِّ وَاللَّهِ إِنْ رَأَيْتُ مَلِكًا قَطُّ ، يُعَظِّمُهُ
أَصْحَابُهُ مَا يُعَظِّمُ أَصْحَابُ مُحَمَّدٍ – صلى الله عليه وسلم – مُحَمَّدًا
، وَاللَّهِ إِنْ تَنَخَّمَ نُخَامَةً إِلاَّ وَقَعَتْ فِى كَفِّ رَجُلٍ مِنْهُمْ
، فَدَلَكَ بِهَا وَجْهَهُ وَجِلْدَهُ ، وَإِذَا أَمَرَهُمُ ابْتَدَرُوا أَمْرَهُ
وَإِذَا تَوَضَّأَ كَادُوا يَقْتَتِلُونَ عَلَى وَضُوئِهِ ، وَإِذَا تَكَلَّمَ
خَفَضُوا أَصْوَاتَهُمْ عِنْدَهُ ، وَمَا يُحِدُّونَ إِلَيْهِ النَّظَرَ
تَعْظِيمًا لَهُ …،
Artinya: “Wahai Kaum, demi Allah, aku telah
mendatangi para raja, Kaisar Romawi dan Kisra serta An Najasyi, demi Allah
tidak pernah aku lihat seorangpun dari raja diagungkan oleh para pengikutnya
lebih daripada pengagungan para shahabat Muhammad kepada Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam, demi
Allah, tidaklah beliau meludah kecuali ludah itu ditelapak tangan salah satu
diantara mereka (para shahabat), lalu dengan ludah tersebut ia mengusap wajah
dan tubuhnya. Dan jika beliau perintahkan mereka maka langsung bergegas mereka
kerjakan perintah beliau tersebut. Jika beliau berwudhu’- mereka hampir-hampir
saling membunuh agar boleh berwudhu‘- dari bekas air wudhu’- beliau. Jika
berbicara, mereka merendahkan suara dihadapan beliau. Dan mereka tidak memandang
beliau dengan leluasa kerana penghormatan kepada beliau”. HR. Bukhari, no. 2731.
TETAPI,
DENGAN PENGAGUNGAN SEDEMIKIAN RUPA MEREKA (PARA SHAHABAT radhiyallahu ‘anhum) TIDAK MEMPERINGATI HARI KELAHIRAN BELIAU shallallahu ‘alaihi wasallam DAN TIDAK
BERKUMPUL ATASNYA.
|
2. Beralasan bahawa memperingati maulid
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam
adalah amalan mayoriti kaum muslim di kebanyakan negara.
Jawaban: “Bahawa hujjah
(landasan untuk beramal) adalah berdasarkan apa yang datang dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, dan yang
telah datang dari Rasulullah Shallallahu
‘alaihi wasallam adalah pelarangan berbuat bid’ah secara umum, dan
peringatan maulid ini termasuk dari bid’ah tersebut.
Dan amalan manusia jika berselisihan dengan
dalil maka bukanlah sebagai landasan dari sebuah amal shalih, meskipun mereka
yang melakukannya jumlahnya banyak, Allah Subhanahu
wa Ta’ala berfirman:
وَإِنْ تُطِعْ
أَكْثَرَ مَنْ فِي الْأَرْضِ يُضِلُّوكَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ إِنْ يَتَّبِعُونَ
إِلَّا الظَّنَّ وَإِنْ هُمْ إِلَّا يَخْرُصُونَ
Artinya: “Dan jika kamu mengikuti kebanyakan
orang-orang yang dimuka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari
jalan-Nya dan mereka tidak lain hanyalah mengikuti perasangka belaka dan mereka
tidak lain hanyalah berdusta (terhadap Allah)”. QS. Al An’am: 116.
3. Mereka mengatakan: “Peringatan maulid menumbuhkan perasaan untuk selalu
mengingat Nabi Muhammad Shallallahu
‘alaihi wasallam.
Jawaban: “Bagi seorang muslim
mengingat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi
wasallam selalu berulang, dan selalu ingat dengan baginda setiap kali
disebutkan nama baginda Shallallahu
‘alaihi wasallam, baik ketika adzan,
iqamah, khotbah, setiap kali seorang muslim mengucapkannya setelah
berwudhu’, di dalam shalat, setiap kali bershalawat, setiap kali mengerjakan
amal shalih yang wajib ataupun yang sunnah yang disyari’atkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, jadi ia
selalu mengingat Rasulullah Shallallahu
‘alaihi wasallam.
Demikianlah seorang muslim selalu memperbarahui ingatannya terhadap
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam,
dan selalu berkaitan dengan Baginda Shallallahu
‘alaihi wasallam sepanjang siang
dan malam, selama hidupnya dengan cara yang disyari’atkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, tidak mengingatnya
hanya pada hari kelahiran beliau saja.
Dan jika hal tersebut termasuk perbuatan bid’ah dan menyelisihi sunnah Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wasallam maka hal
tersebutpun menjauhkannya dari Rasulullah Shallallahu
‘alaihi wasallam dan beliaupun berlepas diri darinya.
Dan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi
wasallam tidak memerlukan peringatan yang bid’ah ini, kerana Allah Subhanahu wa Ta’ala sudah mensyari’atkan
untuk mengagungkan Baginda Rasulullah Shallallahu
‘alaihi wasallam dan memuliakan
Baginda Shallallahu ‘alaihi wasallam,
sebagaimana firman Allah Subhanahu wa
Ta’ala:
وَرَفَعْنَا لَكَ
ذِكْرَكَ
Artinya:
“Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu?”. QS. Asy Syarh: 4.
Jadi, tidaklah disebut nama Allah Subhanahu wa Ta’ala ketika adzan, iqamah atau khuthbah kecuali disebutkan nama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam setelahnya dan cukuplah itu sebagai
pengagungan dan kecintaan dan pembaharuan untuk selalu mengingatnya dan
perintah untuk selalu mengikutinya.
Allah Subhanahu
wa Ta’ala di dalam Al Quran tidak memuji beliau Shallalahu ‘alaihi wasallam
dengan menyebutkan hari kelahiran beliau Shallallahu
‘alaihi wasallam, tetapi Allah Subhanahu
wa Ta’ala memuji Baginda Shallallahu
‘alihi wasallam dengan menyebutkan pengutusan beliau (sebagai Nabi dan Rasul). Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:
لَقَد مَنَّ اللَّهُ عَلَى المُؤمِنينَ إِذ بَعَثَ فيهِم رَسولًا مِن
أَنفُسِهِم يَتلو عَلَيهِم آياتِهِ وَيُزَكّيهِم وَيُعَلِّمُهُمُ الكِتابَ
وَالحِكمَةَ وَإِن كانوا مِن قَبلُ لَفي ضَلالٍ مُبينٍ
Artinya: “Sungguh Allah telah memberi kurnia
kepada orang-orang yang beriman ketika Allah mengutus di antara mereka seorang
rasul dari golongan mereka sendiri”. QS.
Ali Imran: 164.
هُوَ الَّذي بَعَثَ
فِي الأُمِّيّينَ رَسولًا مِنهُم يَتلو عَلَيهِم آياتِهِ وَيُزَكّيهِم
وَيُعَلِّمُهُمُ الكِتابَ وَالحِكمَةَ وَإِن كانوا مِن قَبلُ لَفي ضَلالٍ مُبينٍ
Artinya: “Dialah yang mengutus kepada kaum
yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka”. QS. Al Jumah: 2.
4. Anggapan bahwa memperingati hari kelahiran
Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi
wasallam telah diprakarsai oleh raja yang adil dan alim yang bermaksud
dengannya mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Jawaban: “Sebuah perbuatan
bid’ah tidak diterima walau dari siapapun. Baiknya niat tidak boleh menjadikan
amalan buruk menjadi amalan shalih, dan keberadaan ia sebagai seorang raja yang
alim dan adil tidak menunjukkan akan lepasnya ia dari sebuah kesalahan, artinya
ia tidak ma’shum.
5. Anggapan bahawa perayaan maulid termasuk
dari bid’ah hasanah kerana
menunjukkan rasa syukur kepada Allah Subhanahu
wa Ta’ala atas keberadaan seorang Nabi yang mulia ini!
Jawaban: “Tidak ada di dalam
sebuah perbuatan bid’ah sesuatu yang hasanah, kerana Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
مَنْ أَحْدَثَ فِى
أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ فِيهِ فَهُوَ رَدٌّ
Artinya: “Barangsiapa yang membuat sesuatu
yang baru di dalam perkara kami ini yang bukan darinya maka ia (amalan
tersebut) tertolak”. HR. Bukhari, no.
2697.
إِنَّ كُلَّ بِدْعَةٍ
ضَلاَلَةٌ
Artinya:
“Sesungguhnya setiap bid’ah itu sesat.” HR.
Ahmad, 4/126 dan Tirmidzi, no. 2676.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menghukumi atas seluruh bid’ah bahawasanya
ia adalah sesat lalu datang si fulan dengan enaknya ia mengatakan: “Tidak semua
bid’ah itu sesat, tapi ada bid’ah hasanah!”
Berkata Al Hafidz Ibnu Rajab rahimahullah di dalam Syarah Al Arba’in: “Dan sabda Baginda Shallallahu ‘alaihi wasallam: “Setiap
bid’ah itu adalah sesat” adalah termasuk dari jawami’ul kalim (perkataan yang sedikit dan luas makna), tidak ada
sesuatu apapun yang mengeluarkannya dan ia adalah asas yang agung daripada
dasar-dasar pokok agama.
Dan sabda Baginda Shallallahu ‘alaihi wasallam ini sama persis dengan sabda Baginda
yang berbunyi, artinya:
مَنْ أَحْدَثَ فِى أَمْرِنَا
هَذَا مَا لَيْسَ فِيهِ فَهُوَ رَدٌّ
Artinya: “Barangsiapa yang membuat sesuatu
yang baru di dalam perkara kami ini yang bukan darinya maka ia (amalan
tersebut) tertolak”. HR. Bukhari: 2697.
Oleh kerananya, setiap orang yang membuat sesuatu
yang baru dan diatas namakan kepada agama, padahal tidak ada asal hukumnya dari
agama Islam yang boleh dijadikan sandaran atasnya, maka hal tersebut adalah
sesat dan agama Islam berlepas diri darinya, baik itu di dalam permaslahan
akidah (kepercayaan), amalan atau perkataan baik yang zhahir ataupun yang
batin. Lihat kitab Jami’ Al Ulum wa Al
Hikam, hal:233.
Jawaban
lain:
“Kenapa rasa syukur ini – sesuai dengan pendapat kalian - terlambat, kerana
tidak ada satu orang pun dari masa-masa yang mulia seperti masanya para
shahabat radhiyallahu ‘anhum, para tabi’in rahimahumullah yang mengerjakan
seperti ini.
Padahal mereka adalah orang-orang yang paling
mencintai Nabi Muhammad Shallallahu
‘alaihi wasallam dan mereka adalah orang-orang yang paling bersemangat
untuk melakukan amal shalih dan mengerjakan kesyukuran, apakah orang yang
membuat peringatan maulid yang bid’ah ini lebih mendapat petunjuk dan lebih
tinggi rasa syukurnya dari mereka (para shahabat dan para tabi’ain rahimahumullah)? Sungguh tidak akan pernah, sama sekali!”
6. Alasan bahawa memperingati maulid Nabi
Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam
menumbuhkan rasa cinta kepada Baginda Shallallahu
‘alaihi wasallam dan peringatan ini adalah salah satu realisasinya dan
mencintai nabi Muhammad Shallallahu
‘alaihi wasallam adalah sesuatu yang disyari’atkan di dalam agama Islam.
Jawaban: “Tidak diragukan lagi
bahwa kecintaan kepada Nabi Shallallahu
‘alaihi wasallam adalah merupakan kewajiban bagi setiap muslim, dan
kecintaan itu harus lebih besar daripada kecintaan kepada diri sendiri, anak,
orangtua dan seluruh manusia,
Sungguh bapakku dan ibuku sebagai jaminan untuk Baginda Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam, tetapi
bukan berarti kita membuat bid’ah di dalam perkara kecintaan ini, dengan suatu
yang tidak pernah disyari’atkan oleh Baginda Shallallahu ‘alaihi wasallam kepada kita.
Akan tetapi kecintaan kepada Baginda Shallallahu
‘alaihi wasallam melazimkan keta’atan dan pengikutan diri kepada Baginda
Shallallahu ‘alaihi wasallam kerana sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal
yang paling agung dari perealisasian kecintaan kepada Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam,
sebagaimana dikatakan:
لو كان حبك صادقاً لأطعته إن المحب لمن يحب مطيع
“Jikalau
kecintaanmu benar maka sungguh anda akan menta’atinya”#
Jadi, kecintaan kepada Baginda Rasul Shallallahu ‘alaihi wasallam
mengharuskan untuk menghidupkan sunnah-sunnah Naginda Shallallahu ‘alaihi wasallam, berpegang teguh seerat-eratnya
dengannya dan menjauhi hal-hal yang menyelisihinya baik berupa perkataan
ataupun perbuatan.
Tidak diragukan lagi bahawa setiap yang
menyelisihi sunnah Baginda Shallallahu
‘alaihi wasallam adalah termasuk dari perbuatan bid’ah yang tercela dan
maksiat yang nyata, termasuk di dalamnya berkumpul memperingati maulid Baginda
Rasul Shallallahu ‘alaihi wasalam dan
yang lainnya dari bentuk-bentuk perbuatan bid’ah.
Niat yang baik tidak menjadikan kita membuat
bid’ah di dalam agama Islam ini, karena agama ini dibangun di atas dua pondasi:
ikhlash dan mutaba’ah (mencontoh Rasulullah shallallahu
‘alaihi wasallam),
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
بَلَى مَنْ أَسْلَمَ وَجْهَهُ لِلَّهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ فَلَهُ أَجْرُهُ
عِنْدَ رَبِّهِ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ
Artinya: “(Tidak demikian) dan bahkan
barangsiapa yang menyerahkan diri kepada Allah, sedang dia berbuat ihsan, maka
baginya pahala pada sisi Rabb-nya dan tidak ada kekhawatiran terhadap mereka
dan tidak (pula) mereka bersedih hati”.
QS. Al Baqarah: 112.
Disini, penyerahan diri adalah ikhlash kepada
Allah Subhanahu wa Ta’ala dan
perbuatan ihsan adalah mengikuti Rasulullah Shallallahu
‘alaihi wasallam dan sesuai dengan sunnah.
7. Anggapan bahawa di dalam perayaan maulid
dan pembacaan sejarah Rasulullah Shallallahu
‘alaihi wasallam terdapat ajakan untuk menyusuri tauladani Baginda Shallallahu ‘alaihi wasallam!
Jawaban: “Sesungguhnya
pembacaan sejarah Rasulullah Shallallahu
‘alaihi wasallam dan mencontoh beliau adalah perkara yang diminta dari
seorang muslim selalu, sepanjang tahun dan sepanjang umur, sedangkan pengkhususan
pembacaan sirah Baginda Rasul Shallallahu
‘alaihi wasallam dan mencontoh Baginda Shallallahu
‘alaihi wasallam pada hari yang tertentu tanpa ada dalil yang menunjukkan
akan pengkhususan hal tersebut maka ia akan menjadi suatu perbuatan bid’ah, “Dan setiap bid’ah adalah sesat”. HR. Ahmad, 4/164 dan Tirmidzi, no. 2676.
Dan bid’ah tidak menghasilkan kecuali
keburukan dan menjauhkan dari Nabi Muhammad Shallallahu
‘alaihi wasallam.
Akhirnya: bahawa berkumpul untuk
memperingati maulid nabawi dengan segala macam bentuknya dan perbezaan caranya,
adalah sebuah perbuatan bid’ah yang mungkar wajib atas kaum muslimin
melarangnya dan melarang bid’ah-bid’ah lainnya.
Dan hendaklah menyibukkan diri dengan menghidupkan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam dan
berpegang teguh dengannya. Dan janganlah tertipu dengan orang yang menyebarkan
bid’ah ini dan membelanya. Sesungguhnya orang-orang separti ini perhatiannya
hanyalah menghidupkan perbuatan-perbuatan bid’ah lebih besar daripada menghidupkan
sunnah-sunnah Rasulullah Shallallahu
‘alaihi wasallam, atau mungkin tidak memperhatikan terhadap sunnah-sunnah
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam
sama sekali.
Dan barangsiapa yang golongannya separti ini maka tidak pantas untuk
diikuti dan dijadikan contoh meskipun mereka adalah kebanyakan dari manusia.
Sesungguhnya pengikutan hanya kepada orang yang berjalan di atas sunnah dari
para ulama Salaf Ash Shalih dan para
pengikut mereka meskipun jumlah mereka sedikit.
KERANA KEBENARAN ITU TIDAK
DIKENAL KARENA ORANG-ORANGNYA, AKAN TETAPI ORANG-ORANG DIKENAL KARENA
KEBENARAN YANG ADA DI DALAM DIRI MEREKA.
|
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
فَإِنَّهُ مَنْ يَعِشْ
مِنْكُمْ يَرَى اخْتِلاَفًا كَثِيرًا وَإِيَّاكُمْ وَمُحْدَثَاتِ الأُمُورِ
فَإِنَّهَا ضَلاَلَةٌ فَمَنْ أَدْرَكَ ذَلِكَ مِنْكُمْ فَعَلَيْهِ بِسُنَّتِى
وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ الْمَهْدِيِّينَ عَضُّوا عَلَيْهَا
بِالنَّوَاجِذِ
Artinya: “Sesungguhnya yang hidup dari kalian
(sepeninggalku) akan melihat perselisihan yang sangat banyak, maka hendaklah
kalian memegang sunnahku dan sunnah khalifah rasyidah yang diberi petunjuk
setelahku dan gigitlah ia dengan gigi graham kalian dan jauhilah kalian
perkara-perkara yang baru kerana setiap yang bid’ah itu sesat.” HR. Ahmad dan Timidzi.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi
wasallam telah menjelaskan kepada kita di dalam hadits yang mulia ini
kepada siapa kita bersuri tauladan ketika terjadi perselisihan, sebagaimana
Baginda Shallallahu ‘alaihi wasallam
menjelaskan bahawa setiap apa saja yang menyelisihi sunnah baik itu berupa
perkataan, perbuatan maka hal tersebut adalah bid’ah dan setiap bid’ah adalah
sesat.
Dan jika kita perhatikan dengan teliti, memperingati maulid Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam tidak kita
dapatkan landasan hukumnya di dalam sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi
wasallam dan juga tidak kita dapatkan di dalam sunnah para Khalifah Rasyidah,
kalau begitu, ia adalah termasuk dari perkara-perkara yang baru dan termasuk
dari perbuatan-perbuatan bid’ah yang menyesatkan. Dan asas inilah yang terdapat
dalam hadits ini telah ditunjukkan oleh Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:
فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ
إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ
وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا
Artinya: “Kemudian jika kamu berlainan
pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Alquran) dan
Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari
kemudian. Yang demikian itu adalah lebih utama (bagimu) dan lebih baik
akibatnya”. QS. An Nisa:59.
Maksud dari kembali kepada Allah Subhanahu
wa Ta’ala adalah kembali kepada kitab-Nya yang mulia dan maksud dari kembali
kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi
wasallam adalah kembali kepada sunnah-sunnah beliau setelah wafatnya
beliau, jadi Al Quran dan As Sunnah keduanya adalah referensi (tempat rujukan)
ketika ada perbezaan pendapat. Dan dimanakah di dalam Al Quran dan As Sunanh
yang menunjukkan atas disyari’atkannya memperingati maulid Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam? Oleh sebab
itu, merupakan kewajiban bagi yang mengerjakannya atau yang menganggap baik
perbuatan tersebut untuk bertaubat kepada Allah Shallallahu ‘alaihi wasallam dari perbuatan tersebut dan dari
perbuatan-perbuatan bid’ah lainnya.
Demikianlah sikap seorang yang beriman yang mencari kebenaran, sedangkan
orang yang sombong dan congkak setelah ditegakkan hujjah maka perhitungannya
(atas perbuatannya) dihadapan Allah Subhanahu
wa Ta’ala.
Demikianlah, kita berdoa kepada Allah Subhanahu
wa Ta’ala agar memberikan anugerah kepada kita, untuk selalu berpegang
teguh dengan Kitab-Nya dan Sunnah Rasul-Nya sampai hari kita bertemu
dengan-Nya. Dan semoga shalawat dan salam serta berkah atas Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam, para kerabat
beliau dan para shahabatnya.
Wallahu a’lam.
Diterjemahkan dari tulisan Syeikh Al ‘Allamah Dr. Shalih bin Fauzan Al
Fauzan hafizhahullah (Anggota Majelis Ulama Besar Kerajaan Arab Saudi).
Judul
Asli: حكم
الاحتفال بذكرى المولد النبوي
Artikel: Moslemsunnah.Wordpress.com
Posted: HAR
No comments:
Post a Comment