Memperingati Malam Perayaan
Isra’ Mi’raj
Segala puji bagi Allah Subhanahu
wa ta’ala, shalawat dan salam semoga tetap terlimpahkan kepada Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam, keluarga
dan para sahabatnya. Amma ba’du:
Tidak diragukan lagi, bahawa Isra’ dan Mi’raj merupakan tanda
kekuasaan Allah Subhanahu wa ta’ala
yang menunjukkan atas kebenaran kerasulan Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam, dan keagungan kedudukannya di sisi
Tuhannya, selain juga membuktikan atas kehebatan Allah Subhanahu wa ta’ala dan kebesaran kekuasaan-Nya atas semua
makhluk.
Firman Allah Subhaanahu wa
ta’ala:
سُبْحَانَ
الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى
الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ
إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ
Subhaana alladzii asraa bi'abdihi laylan mina almasjidi alharaami ilaa almasjidi al-aqshaa alladzii baaraknaa hawlahu linuriyahu minaayaatinaa innahu huwa alssamii'u albashiiru
“Maha Suci
Allah yang telah menjalankan hambaNya (Muhammad) pada malam hari dari Masjid
Al-Haraam (di Makkah) ke Masjid Al-Aqsa (di Palestin), yang Kami berkati
sekelilingnya, (Maksudnya:
Al Masjidil Aqsha dan daerah-daerah
sekitarnya dapat berkat dari Allah dengan diturunkan nabi-nabi di negeri itu
dan kesuburan tanahnya), untuk memperlihatkan
kepadanya tanda-tanda (kekuasaan dan kebesaran) Kami. Sesungguhnya Allah jualah
yang Maha Mendengar, lagi Maha Mengetahui”.(Surah Al-Israa’: 1)
Diriwayatkan secara mutawatir dari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bahawasanya Allah Subhanahu wa ta’ala telah menaikannya ke langit, dan pintu pintu langit itu
terbuka untuknya, hingga beliau sampai ke langit yang ketujuh, kemudian beliau
diajak bicara oleh Allah Subhanahu wa
ta’ala serta diwajibkan sholat lima waktu, yang pada mulanya diwajibkan
lima puluh waktu, tetapi Nabi Muhammad Shalallahu
‘alaihi wa sallam senantiasa kembali kepada-Nya minta keringanan, sehingga
dijadikannya lima waktu, namun demikian, walaupun yang diwajibkan lima waktu
saja, tetapi pahalanya tetap seperti lima puluh waktu, kerana perbuatan baik
itu akan dibalas dengan sepuluh kali ganda. Hanya kepada Allah Subhanahu wa ta’ala lah kita ucapkan
puji dan syukur atas segala ni’mat-Nya.
Tentang malam saat diselenggarakannya Isra’ dan Mi’raj itu tidak
pernah diterangkan penentuan (waktunya) oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam, tidak pada bulan rejab, atau ( pada
bulan ) yang lain, jikalau ada penentuannya maka itupun bukan dari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam, menurut
para ulama, hanya Allah Subhanahu wa ta’ala lah yang mengetahui akan hikmah pelalaian manusia dalam
hal ini.
Seandainya ada (hadits) yang menentukan (waktu) Isra’ dan Mi’raj,
tetap tidak boleh bagi kaum muslimin untuk menghususkannya dengan ibadah ibadah
tertentu, selain juga tidak boleh mengadakan upacara perkumpulan apapun, kerana
Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam
dan para sahabatnya tidak pernah mengadakan upacara upacara seperti itu, dan
tidak pula menghususkan suatu ibadah apapun pada malam tersebut.
Jika peringatan
malam tersebut disyariatkan, pasti Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan kepada umatnya, melalui
ucapan maupun perbuatan. Jika pernah dilakukan oleh beliau, pasti diketahui dan
masyhur, dan tentunya akan disampaikan oleh para sahabat kepada kita, kerana
mereka telah menyampaikan dari Nabi apa apa yang telah diperlukan umat manusia,
mereka belum pernah melanggar sedikitpun dalam masalah agama, bahkan merekalah
orang yang pertama kali melakukan kebaikan setelah Rasulullah Shalallahu
‘alaihi wa sallam, maka jikalau upacara peringatan malam Isra’ dan Mi’raj
itu ada tuntunannya, niscaya para sahabat akan lebih dahulu menjalankannya.
Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi
wa sallam adalah orang yang paling banyak memberi nasihat kepada manusia,
beliau telah menyampaikan risalah kerasulannya dengan sebaik-baiknya, dan
menjalankan amanat Tuhannya dengan sempurna, oleh kerana itu
jika upacara peringatan malam Isra’ dan Mi’raj serta bentuk-bentuk
pengagungannya itu berasal dari agama Allah Subhanahu
wa ta’ala, tentunya tidak akan dilupakan dan disembunyikan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam, tetapi
kerana perkara itu tidak ada, jelaslah
bahawa upacara dan bentuk-bentuk pengagungan malam tersebut bukan dari ajaran
Islam sama sekali.
Allah subhanahu wa ta’ala telah menyempurnakan agamaNya bagi umat ini, mencukupkan ni’matNya kepada
mereka, dan mengingkari siapa saja yang berani mengada adakan sesuatu perkara
baru dalam agama, kerana cara tersebut tidak dibenarkan oleh Allah Subhaanahu wa ta’ala.
Allah Subhaanahu wa ta’ala
berfirman:
اليوم أكملت
لكم دينكم وأتممت عليكم نعمتي ورضيت لكم الإسلام دينا
Alyawma
akmaltu lakum diinakum wa-atmamtu 'alaykum ni'matii waradhiitu lakumu al-islaama diinan
“Aku telah
sempurnakan bagi kamu ugama kamu, dan Aku telah cukupkan nikmatKu kepada kamu,
dan Aku telah redakan Islam itu menjadi
ugama untuk kamu”. (Surah Al-Maidah: 3)
Dan Firman
Allah Subhanahu wa ta’ala seterusnya:
أَمْ لَهُمْ
شُرَكَاءُ شَرَعُوا لَهُمْ مِنَ الدِّينِ مَا لَمْ يَأْذَنْ بِهِ اللَّهُ ۚ
وَلَوْلَا كَلِمَةُ الْفَصْلِ لَقُضِيَ بَيْنَهُمْ ۗ وَإِنَّ الظَّالِمِينَ لَهُمْ
عَذَابٌ أَلِيمٌ
Am
lahum syurakaau syara'uu lahum mina alddiini
maa lam ya/dzan bihi allaahu walawlaa kalimatu alfashli laqudhiya baynahum
wa-innaalzhzhaalimiina lahum 'adzaabun aliimun
“Patutkah
mereka mempunyai sekutu-sekutu yang menentukan – mana-mana bahagian dari ugama
mereka – sebarang undang-undang yang tidak diizinkan oleh Allah? Dan kalaulah
tidak kerana kalimah ketetapan yang menjadi
pemutus (dari Allah, untuk menangguhkan hukuman hingga ke suatu masa yang
tertentu), tentulah dijatuhkan azab dengan serta-merta kepada mereka (yang
berbuat demikian). Dan sesungguhnya orang-orang yang zalim itu akan beroleh
azab seksa yang tidak terperi sakitnya”. (Surah Asy-Syura: 21)
Dalam hadits-hadits shahih Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam telah memperingatkan kita agar waspada
dan menjauhkan diri dari perbuatan bid’ah, dan beliau juga menjelaskan bahawa
bid’ah itu sesat, sebagai peringatan bagi umatnya sehingga mereka menjauhinya,
kerana bid’ah itu mengandung bahaya yang sangat besar.
Dari Aisyah, Radliyallahu ‘anhu
berkata : bahawa Rasulullah Shalallahu
‘alaihi wa sallam bersabda :
“Barang
siapa yang mengada adakan sesuatu perbuatan ( dalam agama ) yang sebelumnya
tidak pernah ada, maka amalan itu tertolak”.
Dan dalam riwayat Imam Muslim, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Barang siapa mengerjakan suatu
perbuatan yang belum pernah kami perintahkan, maka ia tertolak”.
Dalam shahih Muslim dari Jabir RadiAllahu
‘anhu ia berkata: bahawa Rasulullah Shalallahu
‘alaihi wa sallam bersabda dalam
salah satu khutbah Jum’at nya :
“Amma ba’du :
sesungguhnya sebaik baik perkataan adalah Kitab Allah ( Al Qur’an ), dan sebaik
baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam, dan
sejelek jelek perbuatan ( dalam agama) adalah yang diada adakan, dan setiap
bid’ah ( yang diada adakan) itu sesat” ( Hadist Riwayat Muslim )
Dan dalam kitab kitab Sunan diriwayatkan dari Irbadh bin Saariyah RadhiAllahu ‘anhu bahawasanya Rasulullah
Shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah
menasihati kami dengan nasihat yang mantap, (jika kita mendengarnya) hati kami
bergetar, dan air mata kami akan berlinang, maka kami berkata kepadanya : wahai
Rasulullah, seakan akan nasihat itu seperti nasihatnya orang yang akan berpisah,
maka berilah kami nasihat.
Maka Rasulullah Shalallahu
‘alaihi wa sallam bersabda:
“Aku wasiatkan
kepada kamu sekalian agar selalu bertakwa kepada Allah, mendengarkan dan
mentaati perintahNya, walaupun yang memerintah kamu itu seorang hamba,
sesungguhnya barang siapa diantara kalian hidup ( pada masa itu ), maka ia akan
menjumpai banyak perselisihan, maka ( ketika ) itu kamu wajib berpegang teguh
pada sunnahku dan sunnah para Al Khulafa’ Ar Rasyidin yang telah mendapat
petunjuk sesudahku, pegang dan gigitlah dengan gigi gerahammu sekuatnya, dan
sekali kali janganlah mengada ada hal yang baru ( dalam agama ), kerana setiap
pengadaan perkara yang baru itu bid’ah, dan setiap bid’ah itu sesat ”. (Hadits Riwayat Abu Dawud
no.3991)
Dan masih banyak hadits-hadits lain yang semakna dengan hadits ini,
para sahabat dan para ulama salaf telah memperingatkan kita agar waspada
terhadap perbuatan bid’ah SERTA menjauhinya.
(Peringatan
agar waspada terhadap bid’ah), disebabkan kerana (bid’ah itu) adalah tambahan terhadap agama, dan (bid’ah itu)
adalah ( pembuatan ) syariat yang tidak diizinkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala, kerana hal itu
menyerupai perbuatan musuh-musuh Allah Subhanahu
wa ta’ala iaitu bangsa Yahudi dan Nasrani.
Adanya penambahan penambahan dalam agama itu (berarti) menuduh agama
Islam kurang dan tidak sempurna, dengan jelas ini tergolong kerosakan besar,
kemungkaran yang sesat dan bertentangan dengan firman Allah subhaanahu wa
ta’ala :
اليوم أكملت
لكم دينكم وأتممت عليكم نعمتي ورضيت لكم الإسلام دينا
Alyawma
akmaltu lakum diinakum wa-atmamtu 'alaykum ni'matii waradhiitu lakumu al-islaama diinan
“Aku telah
sempurnakan bagi kamu ugama kamu, dan Aku telah cukupkan nikmatKu kepada kamu,
dan Aku telah redakan Islam itu menjadi
ugama untuk kamu”. (Surah Al-Maidah: 3)
Selain itu, (penambahan) juga bertentangan dengan hadits-hadits
Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam yang
memperingatkan kita dari perbuatan bid’ah dan agar menjauhinya.
Kami berharap, semoga dalil-dalil yang telah kami sebutkan tadi cukup
memuaskan bagi mereka yang menginginkan kebenaran, dan mau mengingkari
perbuatan bid’ah, yakni bid’ah mengadakan upacara peringatan malam Isra’ dan Mi’raj,
dan supaya kita sekalian waspada terhadapnya, kerana sesungguhnya hal itu bukan
dari ajaran Islam sama sekali.
Ketika Allah Subhanahu wa ta’ala
telah mewajibkan orang orang muslim itu agar saling nasihat menasihati dan
saling menerangkan apa apa yang telah disyariatkan Allah Subhanahu wa ta’ala dalam agama, SERTA mengharamkan
penyembunyian ilmu, maka kami memandang perlu untuk mengingatkan saudara-saudara
kami dari perbuatan bid’ah ini, yang telah menyebar di berbagai belahan bumi,
sehingga sebahgian orang mengira itu berasal dari agama.
Allah Subhanahu wa ta’ala
memerintahkan kepada Nabi-Nya:
عَنْهُمْ
وَعِظْهُمْ وَقُلْ لَهُمْ فِي أَنْفُسِهِمْ قَوْلًا بَلِيغًا
Wa'izhhum
waqul lahum fii anfusihim qawlan baliighaan
“Dan
nasihatilah mereka, serta katakanlah kepada mereka kata-kata yang boleh memberi
kesan pada hati mereka”. (Surah An-Nisaa: 63)
Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa
sallam memiliki sifat selalu member bimbingan kepada jalan yang lurus
terhadap siapa saja dari kalangan umatnya, sehingga ketika para sahabatnya
meminta agar beliau memberi nasihat maka beliau pun memenuhinya diiringi dengan
hikmah.
Hanya Allah Subhanahu wa ta’ala
lah tempat bermohon, untuk memperbaiki keadaan kaum muslimin ini, dan memberi
kepada mereka kemudahan dalam memahami agama Islam, semoga Allah Subhanahu wa ta’ala melimpahkan taufiq kepada kita semua untuk tetap berpegang
teguh dengan agama yang haq ini, tetap konsisten menjalaninya dan meninggalkan
apa apa yang bertentangan dengannya, hanya Allah Subhanahu wa ta’ala lah penguasa segala galanya.
Semoga sholawat dan salam selalu terlimpahkan kepada junjungan kita
Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam, Aamin.
(Dikutip
dari الحذر من البدع Tulisan Syaikh Abdullah Bin Abdul Aziz Bin Baz, Mufti Saudi
Arabia. Penerbit Departmen Agama Saudi Arabia. Edisi Indonesia “Waspada terhadap Bid’ah“.)
Posted by:
HAR
No comments:
Post a Comment