AMANAH – DITUNTUT DALAM ISLAM
Kandungan Al-Qur’an meliputi
semua aspek kehidupan manusia. Al-Qur’an tidak hanya mengatur hubungan manusia
dengan Tuhannya, tetapi juga mengatur hubungan manusia dengan sesamanya, bahkan
dengan alam sekitar. Al-Qur’an tidak hanya berbicara tentang aqidah, ibadah dan
akhlak sahaja, tetapi juga berbicara tentang ekonomi, sosial, politik, budaya
dan sebagainya.
Dari sekian banyak yang
dibicarakan Al-Qur’an, amanah
merupakan salah satu bahagian yang penting yang dibicarakan oleh Al-Qur’an.
Dikatakan penting, kerana amanah merupakan salah satu ciri ketaatan seseorang
kepada Allah Subhanahu wa ta’ala
dalam keislamannya. Sementara sifat khianat yang merupakan lawan dari sifat
amanah merupakan salah satu ciri pembangkangan seseorang terhadap Allah Subhanahu wa ta’ala yang boleh
membawanya pada keadaan cacat keislaman dan keimanannya.
Dalam hal ini Abdurrahman
Hasan Habannakah mengungkapkan: “Sesungguhnya
Islam telah mewajibkan kaum muslimin untuk memiliki sifat amanah, dan mengharamkan
mereka menempuh jalan khianat. Orang yang memiliki sifat amanah berarti ia taat
kepada Allah, dan orang yang memiliki sifat khianat berarti ia berbuat maksiat
kepada Allah, dan bisa jadi ia sampai pada suatu keadaan dimana keislaman dan
keimanannya manjadi cacat.” (Abdurrahman Hasan Habannakah Al-Maydani, Al-Akhlaq
Al-Islamiyyah wa Ususuha - Dar Al-Qalam, cet. 2, 1407 H/1987 M), jld. 1,
hal. 647).
Dari ungkapan Habnnakah diatas
jelas bahawa ada hubungan yang erat antara amanah dengan keimanan. Hal ini pun
sebetulnya telah diungkapkan oleh Rasulullah Sallallahu
Alaihi Wasallam dalam haditsnya:
لا إيمان لمن لا أمانة له
“Tidak
(sempurna) iman seseorang yang tidak amanah.” (Hadits Riwayat: Ahmad).
Jelas sekali bahawa amanah
merupakan sifat orang-orang yang beriman. Orang yang menunaikan amanah
bererti memiliki sifat orang-orang yang beriman. Sebaliknya orang yang khianat
bererti memiliki sifat orang munafik. Ini merupakan bukti bahawa amanah
memiliki urgensi yang sangat tinggi dalam Islam.
Pengertian Amanah
Dalam bahasa, amanah berasal
dari kata bahasa Arab: أَمِنَ يَأْمَنُ أَمْناً yang berarti aman/tidak takut.
(Ibrahim Muthafa, Al-Mu`jam
Al-Wasith, Al-Maktabah Al-Islamiyyah, hal 28). Dengan kata lain,
aman adalah lawan dari kata takut. Dari sinilah diambil kata amanah yang
merupakan lawan dari kata khianat. Dinamakan aman kerana orang akan merasa aman
menitipkan sesuatu kepada orang yang amanah.
Secara istilah, ada sebahgian
orang yang mendefinisikan kata amanah secara sempit
iaitu menjaga barang titipan dan mengembalikannya dalam bentuk semula. Yang
sebenarnya hakikat amanah itu jauh lebih luas. Amanah menurut terminologi Islam
adalah setiap yang dibebankan kepada manusia dari Allah Subhanahu wa ta’ala saperti kewajiban-kewajiban agama, atau dari manusia
seperti titipan harta. (Wahbah
Az-Zuhayli, At-Tafsir Al-Munir fi
Al-Aqidah wa Asy-Syariah wa Al-Akhlak)
Amanah yang merupakan sifat
orang yang beriman mempunyai rangkuman yang sangat luas. Amanah tidak hanya
berkaitan dengan masalah harta, tetapi juga berkaitan dengan selain masalah
harta, atau menurut istilah M. Quraish Shihab, amanah bukan sekadar
sesuatu yang bersifat material, tetapi juga non material dan bermacam-macam. (M. Quraish
Shihab, Tafsir Al-Misbah,
cet. 1, vol. 2, hal. 458)
Luasnya ruang lingkup amanah
disebutkan juga oleh Sayyid Sabiq dalam bukunya Islamuna: “Amanah
adalah segala sesuatu yang wajib dipelihara dan ditunaikan kepada orang yang
berhak menerimanya. Amanah adalah kata yang pengertiannya luas meliputi segala
hubungan. Konsisten dalam keimanan serta meriwayatnya dengan faktor-faktor yang
menyebabkan berkembang dan kekalnya adalah amanah, memurnikan ibadah kepada
Allah Subhanahu wa ta’ala adalah
amanah, berinteraksi secara baik dengan perseorangan dan kelompok adalah
amanah; dan memberikan setiap hak kepada pemiliknya adalah amanah. (Sayyid Sabiq,
Islamuna, - Daar Al-Kitab Al-Arabi hal. 166-167)
Ruang Lingkup Amanah
Dari uraian diatas, jelas
sekali bahawa amanah mencakup ajaran Islam secara keselurahan, bukan seperti
pemahaman sebahgian orang bahawa amanah itu sebatas menjaga dan mengembalikan
titipan orang lain. Amanah sendiri terdiri
dari beberapa macam, sebagaimana yang disebutkan oleh Wahbah Az-Zuhayli, iaitu:
pertama, menjaga amanah yang ada pada hak-hak Allah Subhanahu wa ta’ala. Hal ini terdiri dari melaksanakan segala
perintah-Nya, menjauhi segala larangan-Nya, menggunakan segala perasaan dan
anggota badan pada sesuatu yang dapat mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Kedua, menjaga
amanah yang ada pada hak-hak diri sendiri. Iaitu bahawa seseorang tidak
melakukan perbuatan kecuali yang bermanfaat baginya baik dalam agama, dunia dan
akhirat. Tidak melakukan suatu perbuatan yang membahayakannya di dunia dan akhirat;
menjaga diri dari perkara-perkara yang menyebabkan sakit; serta melakukan
kaedah-kaedah ilmu kesihatan. Ketiga, menjaga amanah pada hak-hak orang lain; iaitu
dengan mengembalikan barang-barang titipan dan pinjaman, tidak curang dalam
melakukan transaksi, dan tidak menyebarkan rahasia dan cacat orang lain. (Wahbah Az-Zuhaily, jilid. 3, juz 5, hal. 123)
A. Amanah terhadap Allah Subhanahu wa ta’ala
Amanah terhadap Allah Subhanahu
wa ta’ala terbagi dalam tiga perkara, iaitu:
a. Amanah
Iman kepada Allah Subhanahu wa ta’ala
Iman kepada Allah Subhanahu wa ta’ala adalah amanah fitrah yang diberikan Allah Subhanahu wa ta’ala kepada manusia sejak lahir. Ertinya, manusia dapat mengenal dan beriman kepada Allah Subhanahu wa ta’ala berdasarkan niat, kehendak, dan usahanya. Amanah fitrah ini khusus diberikan Allah Subhanahu wa ta’ala kepada manusia, kerana selain manusia beriman dan taat kepada-Nya berdasarkan pemberian Allah Subhanahu wa ta’ala, bukan berdasarkan niat, kehendak dan usahanya. (Sayyid Quthub, Fi Zhilal Al-Qur’an, jilid 2, hal. 688).
Amanah iman ini berdasarkan firman Allah Subahahu wa ta`ala, yang ertinya:
إِنَّا
عَرَضْنَا الْأَمَانَةَ عَلَى السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالْجِبَالِ فَأَبَيْنَ
أَن يَحْمِلْنَهَا وَأَشْفَقْنَ مِنْهَا وَحَمَلَهَا الْإِنسَانُ إِنَّهُ كَانَ
ظَلُوماً جَهُولاً
Innaa 'aradhnaa al-amaanata 'alaa alssamaawaati waal-ardhi waaljibaali
fa-abayna an yahmilnahaa wa-asyfaqna
minhaa wahamalahaaal-insaanu
innahu kaana zhaluuman jahuulaan
“Sesungguhnya Kami telah kemukakan
tanggungjawab amanah (Kami) kepada langit dan bumi serta gunung-ganang (untuk
memikulnya), maka mereka enggan memikulnya dan bimbang tidak dapat
menyempurnakannya (kerana tidak ada pada mereka persediaan untuk memikulnya);
dan (pada ketika itu) manusia (dengan persediaan yang ada padanya) sanggup
memikulnya. (Ingatlah) sesungguhnya tabiat kebanyakan manusia adalah suka
melakukan kezaliman dan suka pula membuat perkara-perkara yang tidak patut
dikerjakan”. (Surah: Al-Ahzaab: 72)
Iman kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, menerima dan
melaksanakan perintah-Nya merupakan fitrah manusia. Dalam erti kata manusia
diciptakan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala
mempunyai kemampuan atau persiapan untuk perkara itu. Kemampuan atau persiapan
itu berbentuk kehendak, upaya, kesungguhan dan semacamnya. Sementara makhluk
lain tidak diciptakan Allah Subhanahu wa
ta’ala untuk memiliki kemampuan dan persiapan untuk hal itu. Kepatuhannya
hanya sebatas melaksanakan kehendak Allah
Subhanahu wa ta’ala, bukan lahir dari keinginan, usaha dan kesungguhannya.
Iman kepada Allah Subhanahu
wa ta’ala sebagai fitrah ini sesuai dengan hadits Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam:
ما من
مولود إلا يولد على الفطرة, فأبواه يهودانه وينصرانه ويمجسانه
“Tidak ada seorang pun yang dilahirkan kecuali dalam
keadaan fitrah, maka kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani,
atau Majusi. (Muttafaq Alaih).
Fitrah yang dimaksud dalam
hadits di atas adalah Islam yang termasuk di dalamnya Iman, bukan bagaikan
kertas putih sebagaimana diertikan oleh sebahgian orang.
Keadaan Iman sebagai fitrah
sesuai juga dengan keadaan amanah sebagai fitrah. Hal ini sesuai dengan hadits
Rasulullah Sallallahu Alaihi
Wasallam: “…..amanah masih kuat dalam lubuk hati manusia. Kemudian
turunlah Al-Qur’an, maka mereka mulai mempelajari Al-Qur’an dan As-Sunnah.”
Sabda Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam:
bahwa amanah masih kuat dalam lubuk hati manusia mengisyaratkan bahawa amanah
merupakan sifat fitrah manusia, yang melekat kuat dalam lubuk hati manusia.
Sifat amanah ini tidak akan melekat pada lubuk hati kalau bukan sifat fitrah.
Hal ini dikuatkan oleh sabda
Rasulullah Sallallahu Alaihi
Wasallam:
“Kemudian turunlah
Al-Qur’an, maka mereka mulai mempelajari Al-Qur’an dan As-Sunnah.”
Sabda ini menunjukkan bahawa
petunjuk Al-Qur’an dan As-Sunnah terhadap amanah datang setelah melekatnya
sifat amanah dalam lubuk hati manusia. Keberadaan sifat amanah dalam hati
mendahului petunjuk Al-Qur’an dan As-Sunnah tidak terjadi kecuali sifat itu
memang sudah ada secara fitrah.
b. Amanah
Ibadah
Ibadah hanya kepada Allah Subhanahu wa ta’ala merupakan bahgian dari amanah yang harus ditunaikan seseorang, kerana ibadah kepada-Nya merupakan salah satu perintah iman kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dan merupakan tujuan utama manusia diciptakan.
Sesuai dengan firman
Allah Subhanahu wa ta`ala:
وَمَا
خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
Wamaa khalaqtu aljinna waal-insa illaa liya'buduuni
“Dan (ingatlah) Aku tidak
menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.”
(Surah: Adz-Dzariyat: 56)
Tugas ini adalah amanah dari
Allah Subhanahu wa ta’ala yang harus
dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh manusia. Erti dasar ibadah adalah
ketundukan dan kepasrahan. Dan yang dimaksud dengan ibadah adalah untuk
mentauhidkan Allah Subhanahu wa ta’ala,
malaksanakan ajaran-ajaran agama-Nya, dan tidak melakukan penyembahahan selain
kepada-Nya.
c. Amanah
Dakwah dan Jihad
Tugas dakwah dan jihad adalah amanah yang harus dipikul oleh orang muslim. Setiap muslim harus menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar.
Hal ini sesuai dengan sabda
Rasulullah Sallallahu Alaihi
Wasallam:
“Barangsiapa di antara
kalian yang melihat kemunkaran maka cegahlah dengan tangannya. Jika ia tidak
mampu, maka cegahlah dengan lisannya, dan jika ia tidak mampu juga maka dengan
hatinya, dan itu adalah selemah-lemah iman.” (Hadits Riwayat: Muslim)
B. Amanah terhadap sesama Manusia
Amanah terhadap sesama manusia
memiliki rangkuman yang luas, baik dari sisi orang yang menjadi sasaran amanah
maupun dari sisi bentuk-bentuk amanah. Di antara bentuk-bentuk amanah adalah:
Amanah dalam harta
Harta adalah amanah dari Allah Subhanahu wa ta’ala yang harus dikelola dan dipergunakan untuk kebaikan. Allah Subhanahu wa ta’ala telah memberikan petunjuk kepada kita untuk menunaikan amanah dalam harta, termasuk pula yang berkaitan dengan titipan, pinjaman, wasiat dan lain sebagainya.
Di antara amanah dalam harta
yang harus ditunaikan seseorang adalah memberikan nafkah terhadap orang yang
menjadi tanggungannya seperti isteri, anak, orang tua, dan pembantu, baik dalam
bentuk makanan, pakaian, biaya pendidikan dan lain sebagainya.
Memberikan nafkah kepada
keluarga merupakan jenis nafkah yang paling utama, karena memberikan nafkah
kepada keluarga termasuk wajib, sedangkan yang lainnya termasuk sunnah.
Sebagaimana dijelaskan dalam
hadits Rasulullah Sallallahu
Alaihi Wasallam:
“Satu dinar yang kamu
infakkan di jalan Allah, satu dinar yang kamu infakkan untuk membebaskan budak,
satu dinar yang kamu sedekahkan kepada orang miskin, dan satu dinar yang kamu
infakkan kepada keluargamu, maka yang paling besar pahalanya adalah apa yang kamu
infakkan kepada keluargamu.” (HR. Muslim)
Begitu juga harta yang ada di dalam kendali seseorang
dalam sebuah yayasan, organisasi atau negara yang bukan milik pribadinya,
melainkan milik yayasan, organisasi atau negara tersebut, maka ia harus memeliharanya
atau memberikannya kepada yang berhak. Berkaitan dengan ini Ibnu Taimiyah
berkata di dalam bukunya As-Siyasah Asy-Syar`iyyah: “…Bagi setiap
penguasa dan wakilnya dalam pemberian hendaknya memberikan setiap hak kepada
pemiliknya, dan para pengurus harta itu tidak boleh membagikannya menurut
keinginannya sendiri seperti pemilik harta membagikan hartanya, kerana mereka
adalah orang-orang yang diberikan amanah dan para wakil bukan pemilik.” ( Ibnu
Taimiyah, As-Siyasah
Asy-Syar`iyah fi Islah Ar-Rai`I wa Ar-Raiyyah, Daar Al-Ma`rifah, tth,
hal. 9-10.)
Sebagai amanah, maka orang
yang menerima harta orang lain akan berurusan dengan Allah Subhanahu wa ta’ala sebelum ia berurusan dengan orang yang
memberikan amanah kepadanya. Jika dalam menerima amanah tersebut ia mempunyai
niat untuk mengembalikannya, maka Allah Subhanahu
wa ta’ala pun akan membantunya untuk dapat mengembalikannya. Tapi jika ia
mempunyai niat untuk tidak mengembalikannya, maka Allah Subhanahu wa ta’ala pun akan membinasakannya. Jika ini difahami dan
diyakini oleh semua orang, maka tidak akan pernah terjadi rasuah di negeri ini.
Amanah dalam fisik dan nyawa
Termasuk amanah terhadap orang lain adalah menahan diri untuk tidak menyakiti dan mengganggu fisik dan nyawa orang lain, seperti menghina, menyakiti, membunuh dan semacamnya. Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda,
المسلم من سلم المسلمون من لسانه ويده
“Orang muslim
(sejati) adalah apabila orang-orang muslim disekitarnya merasa aman dari lisan
dan tangannya.”
Amanah dalam Kehormatan
Termasuk amanah terhadap orang lain adalah menjaga nama baik atau kehormatan orang lain, tidak mencemarkan nama baik atau merusak kehormatannya. Di antara perbuatan yang dilarang berkenaan dengan amanah ini adalah berghibah, mengadu domba, menuduh orang lain berzina, dan semacamnya.
Amanah dalam Rahasia
Apabila seseorang menyampaikan sesuatu yang penting dan rahasia kepada kita, itulah amanah yang harus dijaga. Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda,
إذا حدث رجل رجلا بحديث ثم التفت فهو أمانة (رواه
أبو داود)
“Apabila
seseorang membicarakan sesuatu kepada orang lain (sambil) menoleh ke kiri dan
ke kanan (karena yang dibicarakan itu rahasia) maka itulah amanah (yang harus
dijaga). (Hadits Riwayat: Abu Dawud)
Dalam sebuah keluarga, suami
isteri harus menjaga rahasia keluarga, lebih-lebih lagi rahasia ranjang.
Masing-masing tidak boleh mendedahkan rahasia ranjang keluarganya kepada orang
lain, kecuali kepada dokter, penasihat perkawinan atau hakim pengadilan untuk
tujuan yang sesuai dengan bidang tugas mereka masing-masing. Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam
bersabda, “Sesungguhnya amanah yang paling besar disisi Allah pada hari
kiamat ialah menyebarkan rahasia isteri, misalnya seseorang laki-laki
bersetubuh dengan isterinya, kemudian ia membicarakannya kepada orang lain
tentang rahasia isterinya.” (Hadits Riwayat: Muslim)
Begitu juga pembicaraan dalam
sebuah pertemuan atau hasil keputusan yang dinyatakan rahasia, tidak boleh
dibocorkan kepada orang lain yang tidak berhak mengetahuinya. Dalam hal ini
Rasulullah bersabda, “Majlis pertemuan itu harus dengan amanah kecuali pada
tiga majelis: Di tempat pertumpahan darah yang dilarang, di tempat perzinahan,
dan di tempat perampokan.” (Hadits Riwayat: Abu Dawud)
Amanah dalam kekuasaan
Di antara amanah dalam kekuasaan ialah seseorang tidak menggunakan kekuasaan yang diberikan kepadanya untuk mendapatkan keuntungan pribadi atau keluarganya. Ia tidak boleh mengambil tambahan dari gaji yang telah ditentukan untuknya dengan cara yang tidak benar, seperti menerima suap, atau menerima suap dengan nama hadiah, rasuah, berpakat, nepotisme dan sebagainya, kerana semua itu adalah merupakan bentuk pengkhianatan dan penipuan yang akan membahayakan umat keseluruhan, yang jelas-jelas diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya.
Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam
bersabda, “Barangsiapa yang kami angkat menjadi pekerja untuk mengerjakan
sesuatu, dan kami beri upah menurut semestinya, maka apa yang ia ambil lebih
dari dari upah yang semestinya, maka itu adalah rasuah.” (Hadits Riwayat:
Abu Dawud).
Di antara amanah dalam
kekuasaan adalah memberikan suatu tugas atau jabatan kepada orang yang paling
memiliki keupayaan dalam tugas dan jabatan tersebut. memberikan tugas atau
jabatan kepada orang yang tidak mampu atau kepada seseorang yang dianggap mampu
padahal ada orang yang lebih mampu lagi, disebabkan kerana ada hubungan kerabat
atau persahabatan, satu daerah, suku, golongan, parti, atau kerana suap dan
semacamnya, bererti ia telah berbuat khianat dan akan menyebabkan kehancuran.
Hal ini sesuai dengan hadits Nabi:
إذا وسد الأمر إلى غير أهله فانتظر الساعة
“Apabila suatu urusan diserahkan kepada orang yang
bukan ahlinya, maka tunggulah datangnya kehancuran.” (Hadits
Riwayat: Al-Bukhari)
Suatu ketika, Abu Dzarr
menghadap kepada Rasulullah Sallallahu
Alaihi Wasallam dan meminta jabatan, maka Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam
pun bersabda kepadanya, “Wahai Abu Dzarr, sesungguhnya kamu itu adalah
orang yang lemah, dan jabatan itu adalah amanah yang pada hari kiamat akan
menjadi kehinaan dan penyesalan, kecuali bagi orang yang dapat melaksanakan
tugas kewajibannya dan memenuhi tanggungjawabnya.” (Hadits Riwayat: Muslim)
Termasuk amanah juga, orang
yang tidak memiliki keupayaan dalam memegang suatu tugas atau jabatan
kepemimpinan tidak boleh memintanya. Dalam tradisi masyarakat yang berpegang
teguh kepada Islam, tidak ada seorang pun yang meminta jabatan kepemimpinan.
Amanah dalam Ilmu Pengetahuan
Di antara amanah dalam ilmu pengetahuan adalah menyebarluaskannya kepada masyarakat dan menerangi hati mereka. Orang yang menyembunyikan ilmunya bererti telah berbuat khianat terhadap ilmu tersebut dan Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam mengancam orang yang bersikap demikian:
من سئل عن علم فكتمه, ألجمه الله بلجام من نار
يوم القيامة
“Barangsiapa ditanya tentang suatu ilmu lalu ia
menyembunyikannya, maka Allah akan mengekangnya dengan kekangan api neraka pada
hari kiamat nanti.” (Hadits Riwayat: Abu Dawud dan Tirmidzi)
Di antara amanah dalam ilmu
adalah kembali kepada yang benar setelah yang benar itu jelas. Seperti jika ada
orang yang mengemukakan suatu pendapat, kemudian dia melihat bahawa ada dalil
yang lebih kuat berbeza dengan pendapatnya, maka ia hendaknya mencabut
pendapatnya dan beralih kepada dalil yang lebih kuat. Hal ini disinggung oleh
Rasulullah Sallallahu Alaihi
Wasallam dalam haditsnya: “Barangsiapa bersumpah dengan
sebuah sumpah lalu ia melihat ada yang lebih baik selainnya, maka hendaklah ia
mengambil yang lebih baik dan membayar kaffarah terhadap sumpahnya.”
Di antara amanah dalam ilmu
adalah tidak malu menjawab dengan kalimat “Saya tidak tahu”, jika memang ia
tidak mengetahui tentang suatu masalah.
C. Amanah terhadap Diri
Sendiri
Amanah terhadap diri sendiri
adalah bahwa seseorang tidak melakukan sesuatu kecuali yang paling baik dan
paling bermanfaat bagi dirinya. Rasulullah Sallallahu
Alaihi Wasallam bersabda,
من حسن إسلام المرء تركه ما لا يعنيه
“Dari kesempurnaan Islam
seseorang adalah meninggalkan apa yang tidak bermanfaat baginya.” (Hadits
Riwayat: Tirmidzi, Malik dan Ahmad)
Semua nikmat yang Allah Subhanahu wa ta’ala berikan kepada
manusia harus dijaga dan dimanfaatkan dengan baik, seperti umur, kesehatan, dan
bahkan seluruh organ yang ada pada tubuh manusia adalah amanah yang harus
dipertanggungjawabkan dihadapan Allah kelak.
Sebagaimana yang dijelaskan di
dalam Al-Qur’an:
وَلاَ تَقْفُ
مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ
أُولـئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْؤُولاً
Walaa taqfu
maa laysa laka bihi 'ilmun inna alssam'a waalbashara waalfu-aada kullu
ulaa-ika kaana 'anhu mas-uulaan
“Dan janganlah engkau mengikut apa yang engkau tidak mempunyai
pengetahuan mengenainya; sesungguhnya pendengaran dan penglihatan serta hati,
semua anggota-anggota itu tetap akan ditanya tentang apa yang dilakukannya”. (Surah Al-Israa: 36)
Abdullah bin Amru bin Al-Ash berkata, “Kemaluan itu adalah amanah, telinga adalah
amanah, mata adalah amanah, lidah adalah amanah, ucapan adalah amanah, tangan
adalah amanah, kaki adalah amanah, dan tidak ada iman bagi orang yang tidak
memiliki sifat amanah.” (Al-Qurthubi, Al-Jami`
Li Ahkaam Al-Qur’an, jilid 3, hal. 16.)
Kesimpulan
Amanah adalah sifat dan sikap
yang wajib dimiliki oleh setiap muslim kerana tidak ada iman tanpa amanah. Pada
dasarnya, seluruh hidup kita selama di dunia ini sebenarnya adalah amanah yang
akan dimintai pertanggungjawaban kelak di akhirat. Sehingga merugi dan
celakalah orang yang tidak menunaikan amanah ini dengan sebaik-baiknya.
Cukuplah Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam
sebagai manusia yang paling amanah, sampai kawan dan lawan pun merasa aman dan
tenang hidup dan bermuamalah bersama dengan beliau. Sungguh bumi ini akan damai
dan sejahtera jika setiap penghuninya melaksanakan semua kewajibannya dengan
penuh rasa amanah.
Rasulullah Sallallahu
Alaihi Wasallam bersabda,
كلكم راع وكلكم مسؤول عن رعيته
“Setiap dari kalian adalah pemimpin dan setiap dari
kalian akan dimintai pertanggungjawaban dari yang dipimpinnya.”
Dinukil dari: almanar.co.id/amanah dalam bingkai
as-sunnah.
Diedit/post oleh: HAR
TAMBAHAN
“Amanah Dituntut
Dalam Islam”
Hadith:
Daripada
Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu sesungguhnya Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda:
“Tanda-tanda orang munafiq ada tiga,
apabila bercakap ia berbohong, apabila berjanji ia mungkir janji dan apabila
diberi amanah ia khianat.” Dalam satu riwayat, “Meskipun dia berpuasa dan solat
dan mengaku bahawa dirinya seorang muslim.”(Hadits Riwayat: Bukhari & Muslim)
Huraian Hadith:
1. Umat
Islam dituntut sapaya amanah didalam semua aspek kehidupan mereka.
2. Setiap manusia
hendaklah memiliki sifat amanah, kerana dengan adanya sifat amanah seseorang
itu akan dipandang mulia.
3. Sifat amanah itu
disukai oleh setiap manusia, oleh itu bersihkan diri kamu dengan menanamkan
sifat amanah dan kejujuran.
4. Amanah merupakan
kunci kejayaan hidup seseorang. Sebarang usaha dan perkerjaan yang tidak
diikuti dengan amanah akan menghadapi kegagalan.
(JAUHI SIFAT-SIFAT KHIANAT KERANA SIFAT ITU MEMBAWA KEPADA
LEMAHNYA IMAN DAN KURANG AMALAN)
No comments:
Post a Comment