"Katakanlah: Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan tiada aku termasuk di antara orang-orang yang musyrik" (QS Yusuf:108)

10 November, 2016

Bagaimana untuk menjadi VIP pada hari kiamat

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu , dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللهُ فِيْ ظِلِّهِ يَوْمَ لَا ظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ: اَلْإِمَامُ الْعَادِلُ، وَشَابٌّ نَشَأَ بِعِبَادَةِ اللهِ ، وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي الْـمَسَاجِدِ ، وَرَجُلَانِ تَحَابَّا فِي اللهِ اِجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ ، وَرَجُلٌ دَعَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ ، فَقَالَ : إِنِّيْ أَخَافُ اللهَ ، وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لَا تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِيْنُهُ ، وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ
“Tujuh golongan yang dinaungi Allâh dalam naungan-Nya pada hari dimana tidak ada naungan kecuali naungan-Nya: (1) Imam yang adil, (2) seorang pemuda yang tumbuh dewasa dalam beribadah kepada Allâh, (3) seorang yang hatinya bergantung ke masjid, (4) dua orang yang saling mencintai di jalan Allâh, keduanya berkumpul karena-Nya dan berpisah karena-Nya, (5) seorang laki-laki yang diajak berzina oleh seorang wanita yang mempunyai kedudukan lagi cantik, lalu ia berkata, ‘Sesungguhnya aku takut kepada Allâh.’ Dan (6) seseorang yang bershadaqah dengan satu shadaqah lalu ia menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang diinfaqkan tangan kanannya, serta (7) seseorang yang berdzikir kepada Allah dalam keadaan sepi lalu ia meneteskan air matanya.” (Hadith Riwayat: Al-Bukhari, Muslim, At-Termidzi, An-Nasai)

Kita semua perlu naungan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Berada di bawah naungan Allah Ta’ala hendak dilindungi oleh-Nya dan diberkati oleh-Nya. Kita perlu naungan-Nya di dunia dan di akhirat. Ia menyebut bahawa pada hari kiamat adalah hari yang sangat dahsyat dimana dunia ini akan hancur lebur dan musnah sepenuhnya. Pada hari itu semua orang akan bimbang dan akan cuba mencari perlindungan dan naungan-Nya; tetapi tidak akan ada naungan pada hari itu kecuali naungan yang khas dari Allah. Bayangkan tujuh golongan mereka yang mendapat naungan itu.

Naungan yang dimaksud adalah naungan ‘Arsy Allah Azza wa Jalla . Sebagaimana yang disebutkan oleh al-Hafizh Ibnu Hajar al-‘Asqalani rahimahullah dari Shahabat Salman al-Farisi Radhiyallahu anhu , Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللهِ فِيْ ظِلِّ عَرْشِهِ
“Tujuh golongan yang dilindungi di bawah naungan ‘Arsy-Nya…” (Fat-hul Bâri (II/144).

Jika seorang hamba mengumpulkan banyak amal soleh yang disenangi Allah Ta’ala, maka ia akan naik dan berada di kedudukan yang tinggi dan tiada ganjaran bagi mereka selain syurga.

Sementara itu, para pemilik kemuliaan yang berada paling depan sepanjang hari kiamat adalah golongan yang telah disebutkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alahi wasallam dan dibawah naungan rahmat serta keamanan-Nya.

Tujuh golongan yang dilindungi Allah Ta’ala dalam naungan-Nya pada Kiamat ini sangat penting karena berkaitan dengan iman kepada hari Akhir serta pengetahuan tentang amalan-amalan yang membawa kita dalam naungan dan perlindungan Allah Azza wa Jalla.

1.   Seorang pemerintah adil atau seorang pemimpin

Ia boleh menjadi mana-mana orang yang mempunyai beberapa kuasa dan dia  menggunakan kuasa ini dengan keadilan dan kesaksamaan tanpa pilih kasih atau prejudis. Keadilan adalah perintah Allah untuk semua orang; tetapi yang paling kritikal adalah perlakuan keadilan apabila seseorang mempunyai kuasa dan autoriti. Lebih sukar adalah, sudah tentu, bersikap adil kepada mereka yang menunjukkan kebencian dan permusuhan terhadap anda. Seseorang yang adil, terutama seorang pemimpin adil atau penguasa, diberikan nombor satu tempat dalam senarai ini tujuh. Mereka sentiasa tunduk dan patuh dalam mengikuti perintah Allah Ta’ala dengan meletakkan sesuatu pada tempatnya, tanpa melanggar atau melampaui batas dan tidak menyia-nyiakannya.

2.   Orang muda yang membesar dalam beribadat kepada Allah:

Menyembah Allah adalah baik untuk semua orang pada semua peringkat umur dan masa; tetapi menyembah Allah dari usia muda mempunyai rahmat yang khusus. Ramai orang menjadi setia kepada Allah apabila mereka menjadi tua. Pada umumnya, seseorang saat masa mudanya lebih condong kepada kejahatan, kemaksiatan dan perbuatan-perbuatan yang melanggar syari’at. Namun ada orang di saat mudanya ia justru mengekang hawa nafsunya dan beribadah kepada Allah Azza wa Jalla. Orang seperti inilah yang akan dilindungi oleh Allâh Azza wa Jalla.

Dalam sebuah hadith dari Sahabat Salman al-Farisi Radhiyallahu anhu disebutkan:

أَفْنَى شَبَابَهُ وَنَشَاطَهُ فِي عِبَادَةِ اللهِ
"Dia menghabiskan waktu mudanya dan rajin dalam beribadah kepada Allah”. (Lihat Fat-hul Bari (II/145)

3.   Seseorang yang hatinya sentiasa ke Masjid untuk mendirikan sholat

Orang-orang yang selalu mendirikan sholat dan orang-orang yang meramaikan serta sering pergi ke Masjid adalah orang-orang yang memiliki keimanan yang hakiki.

Dalam riwayat at-Tirmidzi disebutkan:

وَرَجُلٌ كَانَ قَلْبُهُ مُعَلَّقًا بِالْـمَسْجِدِ إِذَا خَرَجَ مِنْهُ حَتَّى يَعُوْدَ إِلَيْهِ
“Seorang laki-laki yang hatinya terpaut dengan masjid, apabila ia keluar dari masjid hingga kembali kepadanya …” (Shahih: HR. At-Tirmidzi (no. 2391). Lihat Irwâ-ul Ghalîl (no. 887)

Perkara ini menunjukkan tentang rasa cintanya kepada masjid untuk sholat dan dzikir kepada Allah Ta’ala. Dia akan mengabaikan perbuatan-perbuatan buruk atau dosa-dosa yang tercatat dalam buku catatan amal mereka. Derajat mereka akan ditinggikan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّ‍‍مَا‌ يَعْمُرُ‌ مَسَاجِدَ‌ ‌اللَّ‍‍هِ مَ‍‌‍نْ ‌آمَنَ بِ‍اللَّ‍‍هِ ‌وَ‌الْيَ‍‍وْمِ ‌الآ‍‍خِ‍‍رِ‌ ‌وَ‌أَ‍قَ‍‍‍امَ ‌ال‍‍‍صَّ‍‍لاَةَ ‌وَ‌آتَى‌ ‌ال‍‍زَّك‍‍َ‍اةَ ‌وَلَمْ يَ‍‍خْ‍‍شَ ‌إِلاَّ‌ ‌اللَّ‍‍هَ ۖ فَعَسَ‍‍ى‌ ‌أ‍ُ‍‌وْل‍‍َ‍ائِكَ ‌أَ‌نْ يَكُونُو‌ا‌ مِنَ ‌الْمُهْتَدِينَ
“Hanyasanya yang layak memakmurkan (menghidupkan) masjid-masjid Allah itu ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat serta mendirikan sembahyang dan menunaikan zakat dan tidak takut melainkan kepada Allah, (dengan adanya sifat-sifat yang tersebut) maka adalah diharapkan mereka menjadi dari golongan yang mendapat petunjuk”. (Surah At-Taubah: 18)
 . 
Orang yang hatinya selalu teringat kepada masjid ketika keluar hingga kembali lagi ke masjid. Seseorang yang senantiasa terpaut ke masjid untuk melakukan ibadah, tidak ada pahala terbaik dari Allah selain ampunan, cinta dan surga-Nya. Tempat bernaung terbaik di dunia adalah masjid. Masjidlah tempat seluruh Muslim bersujud dan sebaik-baiknya tempat untuk memohon ampunan-Nya.

Secara literal adalah dikatakan  bahawa jantung itu terikat dan tergantung (mu`allaq) di masjid. Imam Malik menjelaskan bahawa ia adalah orang yang apabila ia keluar masjid, berharap untuk kembali semula tidak lama lagi. Biasanya hati rakyat yang melekat pada pekerjaan, perniagaan dan rumah. Masjid bukan keutamaan bagi ramai orang. Walau bagaimanapun, mereka yang suka rumah Allah dan menyimpan sebagai keutamaan mereka adalah orang-orang yang diberkati dan mereka akan menerima nikmat yang khas kepada Allah.

Selain dari itu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam telah menjelaskan keutamaan pergi ke masjid pada pagi dan petang dan apa yang disediakan Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada orang yang melakukan.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu  bahawa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

عن أَبي هريرةَ رضيَ اللَّه عنهُ أَنَّ النبيَّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قال :  مَنْ غَدا إِلى المسْجِدِ أَوْ رَاحَ ، أَعَدَّ اللَّه لهُ في الجَنَّةِ نُزُلاً كُلَّمَا غَدَا أَوْ رَاحَ
“Barangsiapa yang pergi masjid pada waktu pagi atau pada waktu petang maka Allah akan menyediakan untuknya satu tempat tinggal di syurga pada setiap kali ia pergi pada waktu pagi atau petang”. (Hadith riwayat: Bukhari, Muslim dan Ahmad)

4.   Dua orang saling mengasihi demi Allah:

Seseorang perlu menjadi mesra kepada semua orang dan berurusan dengan semua orang dengan layanan hormat dan cara bersopan-santun. Walau bagaimanapun, persahabatan demi Allah, kerana dengan sebab taqwa dan kebaikan adalah sebuah persahabatan yang sangat diberkati. Ini adalah persahabatan yang ikhlas dan apabila dua atau lebih orang menjadi akrab antara satu sama lain kerana Allah, mereka membawa banyak kebaikan kepada diri sendiri dan kepada orang-orang di sekeliling mereka. Ini adalah sejenis persahabatan yang menjana kebaikan di dunia dan terutama diberkati oleh Allah.

5.   Seseorang mempunyai watak moral yang kukuh:

Para nabi dan rasul merupakan manusia pilihan utusan Allah untuk memimpin dan mambimbing manusia ke jalan yang benar.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

وَرَجُلٌ دَعَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ، فَقَالَ: إِنِّيْ أَخَافُ اللهَ
“Seorang lelaki terdorong untuk hubungan haram oleh seorang wanita yang cantik dan kaya, berpengaruh atau keluarga yang berprestij (perkataan "mansib" ertinya semua ini dalam bahasa Arab) tetapi ia tidak mau. Lalu laki-laki tersebut berkata, “Sungguh aku takut kepada Allah”.

Imam Ibn Hajar mengatakan bahawa hal ini tidak terhad kepada laki-laki sahaja yang tergoda oleh wanita; ia sama-sama terpakai kepada seorang wanita yang mungkin
terdorong oleh seorang lelaki yang sangat cantik, kuat dan kaya dan dia menolaknya dan berkata "aku takut kepada Allah."

Ia memerlukan banyak kekuatan moral untuk menolak godaan apabila rakan kongsi yang lain adalah menarik, kaya , dan bukan sahaja mengizinkan tetapi meyakinkan. Mereka yang mempunyai apa-apa watak yang kuat memang di bawah perlindungan Allah.

6.   Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya…

Di antara golongan yang mendapatkan naungan Allah di hari kiamat nanti adalah:

وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لاَ تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِينُهُ
Seseorang yang bersedekah kemudian ia menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (Hadith Riwayat: Bukhari no. 1423 dan Muslim no.1031,dari Abu Hurairah).

Sudah diketahui bersama bahwa infaq itu dianjurkan agar dilakukan dengan tangan kanan karena Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan menggunakan tangan kanan ketika mengambil sesuatu, makan, minum, maupun bershadaqah.

Dan sudah cukup apa yang telah dijanjikan Yang maha Benar kepada orang-orang yang suka bersedekah bahawa mereka akan mendapat ganti didunia dan akhirat hingga tujuh ratus kali ganda sampai tak terbatas yang hanya diketahui dan ditentukan oleh-Nya.

Sebagaimana Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

مَثَلُ الَّذينَ يُنفِقونَ أَموالَهُم في سَبيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنبَتَت سَبعَ سَنابِلَ في كُلِّ سُنبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضاعِفُ لِمَن يَشاءُ ۗ وَاللَّهُ واسِعٌ عَليمٌ
Bandingan (derma) orang-orang yang membelanjakan hartanya pada jalan Allah, ialah sama seperti sebiji benih yang tumbuh menerbitkan tujuh tangkai; tiap-tiap tangkai itu pula mengandungi seratus biji. Dan (ingatlah), Allah akan melipatgandakan pahala bagi sesiapa yang dikehendakiNya, dan Allah Maha Luas (rahmat) kurniaNya, lagi Meliputi ilmu pengetahuanNya”.(Surah Al-Baqarah: 261)

Juga Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala yang sangat menganjurkan para hamba-nya untuk bersedakah:

إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۖ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِنْ سَيِّئَاتِكُمْ ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ
“Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.” (Surah Al-Baqarah:271)

Sedekah wajib dilakukan dengan ikhlas, sebagaimana ibadah-ibadah lainnya. Orang yang riya’ dalam beramal, baik ketika memberikan sedekah maupun yang lainnya, maka amalannya itu tidak bernilai di sisi Allah Ta’ala . Iaitu jika dia ingin dilihat orang, ingin didengar, atau dia mengungkit-ungkit amalan yang dilakukannya, maka amalan itu tidak akan diterima oleh Allah Ta’ala.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُبْطِلُوا صَدَقَاتِكُمْ بِالْمَنِّ وَالْأَذَىٰ كَالَّذِي يُنْفِقُ مَالَهُ رِئَاءَ النَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۖ فَمَثَلُهُ كَمَثَلِ صَفْوَانٍ عَلَيْهِ تُرَابٌ فَأَصَابَهُ وَابِلٌ فَتَرَكَهُ صَلْدًا ۖ لَا يَقْدِرُونَ عَلَىٰ شَيْءٍ مِمَّا كَسَبُوا ۗ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْكَافِرِينَ
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) shadaqahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya’ kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allâh dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatu pun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir itu. (Al-Baqarah:264)

7.   Seseorang yang mengingati Allah secara peribadi dengan mata penuh dengan air mata:

Meningati Allah Subhanahu wa Ta’ala, mengulangi Nama-nama Indah-Nya, mengucapkan terima kasih dengan memuji-Nya, ini adalah cara untuk ingat (berzikir) kepada Allah. Melakukan "zikir" dengan hati dan lisanya dalam keadaan sepi dengan bergerak jantung dan mata mengalir adalah tanda iman yang ikhlas dan cinta yang mendalam kepada Allah Ta’ala. Mereka yang mempunyai kasih akan Allah, sungguh mereka telah di bawah naungan dan perlindungan-Nya di hari kiamat.

Sabda Rasullullah Shallallahu ‘alaihi wasallam:

وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ
“Dan seseorang yang mengingat Allah dalam keadaan sepi lalu air matanya mengalir”. (Hadith Riwayat: Bukhari no.629 dan Muslim no. 1031)

Penyebutan syarat dalam keadaan sepi di sini karena di saat itu menghindari dari perbuatan riya’. Tentang mengalir air matanya karena takut kepada Allah terdapat beberapa keutamaan, di antaranya tidak disentuh oleh api Neraka.

Zikir adalah sarana untuk kita dekat dan selalu ingan Kepada Allah, karena kita selalu ingan, maka kitapun akan selalu diingat oleh Allah, mengamalkan zikir selain bermakna ibadah juga merupakan bentuk dari latihan manusia untuk selalu dekat dan mengingat Allah Subhanahu wa Ta’ala, dengan selalu ingat maka kita akan dapat terhindar atau menghidarkan diri dari perbuatan perbuatan yang dilarang oleh agama.

Allah SWT mengajarkan hamba-hamba-Nya agar gemar berzikir. Zikir merupakan salah satu langkah nyata untuk mendapatkan ketenangan hati jauh dari kerisauan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman di dalam al-qur’an:

الَّذ‍ِ‍ي‍‍نَ ‌آمَنُو‌ا‌ ‌وَتَ‍‍‍طْ‍‍‍مَئِ‍‍نُّ قُ‍‍لُوبُهُمْ بِذِكْ‍‍ر‍ِ‍‌ ‌اللَّ‍‍هِ ۗ ‌أَلاَ‌ بِذِكْ‍‍ر‍ِ‍‌ ‌اللَّ‍‍هِ تَ‍‍‍طْ‍‍‍مَئِ‍‍نُّ ‌الْ‍‍قُ‍‍لُوبُ
“Orang-orang yang beriman dan tenang tenteram hati mereka dengan zikrullah. Ketahuilah dengan "zikrullah" itu, tenang tenteramlah hati manusia”. (Surah Ar-Ra’d: 28)

Terdapat banyak ayat Al-Quran tentang keutamaan orang-orang yang sering berzikir, bertasbih, dan mohon ampun kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Kesemuanya berbicara tentang makna yang berharga dan agung dari zikir, tasbih dan istigfar, serta telah disediakan pahala yang besar buat orang-orang yang melakukannya.

Diriwayatkan dari Jabir r.a bahawa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Zikir yang paling utama adalah kalimat ‘Tiada Tuhan selain Allah’ (Hadith Riwayat: Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Termidzi, dan nasa’i)

Setelah kita mengetahui janji dan ganjaran Allah yang akan diberikan kepada hambanya yang senantiasa beribadah hanya kepadaNya, mudah-mudahan itu semua dapat menambah semangat kita untuk meningkatkan amal soleh kita terutama 7 amalan di atas, sehingga Allah menjadikan dan memasukkan kita semua termasuk golongan yang mendapat naungan dihari kiamat kelak, hari yang tiada naungan kecuali naunganNya. Kita berdoa kepada Allah untuk memberkati kita dengan watak-watak ini dan dengan naungan-Nya di dunia ini dan juga di akhirat. Amin

Sumbangan:  Adib Alim Aminullah/Adyrah Anisah
Posted oleh: HAR

No comments: